ANALISIS KEKUATAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK PADA RANGKA SEPEDA BMX DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Abstract
Pada rangkaian rangka sepeda, terdapat berbagai pertimbangan yaitu input beban yang kompleks dan perlu kekuatan tinggi terutama saat digunakan untuk lompatan, benturan, permukaan yang tidak teratur, dan hasil interaksi dengan pengendara lain. Keamanan rangka sepeda perlu dipastikan, sehingga perlu optimalisasi kinerja rangka dengan memanfaatkan pengetahuan mengenai beban dan respon struktural yang detail. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian optimasi desain rangka sepeda menggunakan metode elemen hingga. Optimalisasi pada penelitian ini dilakukan dengan cara penambahan rib. Pada penelitian ini dilakukan analisa kekuatan rangka sepeda dengan sotfware Autodesk Fusion, setelah menemukan titik beban terbanyak akan dilakukan penambahan berupa rib untuk meningkatkan kekuatan pada titik beban terbesar. Penambahan rib terletak pada 3 posisi, yang kemudian didapatkan pemodelan rangka dengan penambahan rib I, rib II, rib III, dan rib I, II, III. Berdasarkan data yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa penambahan rib pada rangka sepeda mengakibatkan penurunan stress maksimum pada posisi rib II, posisi rib III, dan posisi I, II, III. Penambahan rib pada rangka sepeda mengakibatkan penurunan strain maksimum pada posisi rib I dan posisi III. Posisi rib optimum yang ditambahkan pada rangka sepeda BMX adalah posisi rib III dengan nilai stress 70.573 MPa, safety factor 15.00, dan strain 5.202 x 10-4.
Keywords
References
Adityo, I. D. 2017. Peran Komunitas dalam Membangun Kultur Bersepeda (Studi Kasus Pada Komunitas Bike To Work Indonesia di Jakarta). Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 2(2), 54–71. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijsep/article/download/6244/4531/
Asroni, A. 2015. Stress Analysis Pada Stand Shock Absorbers Sepeda Motor Dengan Menggunakan Software Inventor 2015. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 4(1), 23–27. https://doi.org/10.24127/trb.v4i1.4
Febritasari, R. … Setyawan, E. Y. 2023. Analisis Distribusi Tegangan dan Deformasi Pada Rangka Motor Trail dengan Metode Elemen Hingga. Prosiding SENIATI, 7(1), 142–148. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i1.8051
Girsang, E. R. … Hingga, M. E. 2022. Analisis Rangka Bicycle Motorcross Extreme ( Bmx ) Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Mesin UNDIP, 10(4), 581–588.
Gusniar, I. N., and Putra, A. S. 2021. Perhitungan Beban Statik pada Rangka Mesin Pengering Padi Menggunakan Baja AISI 1020. Jurnal Teknik Mesin, 14(2), 53–58. https://doi.org/10.30630/jtm.14.2.556
Hastuti, S. … Mulyaningsih, N. 2022. Analisis Kekuatan Pada Rangka Sepeda Motor Listrik. Politeknik Manufaktur Ceper, 5(2), 1–11.
Hudaya, A. Z. … Qomaruddin, Q. 2023. Studi analitik dan simulasi buckling pada komponen Pull Rod menggunakan Metode Elemen Hingga. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 15(1), 54. https://doi.org/10.28989/angkasa.v15i1.1580
Jamaludin. 2019. Perencanaan Pembebanan Statis Rangka Sepeda Listrik Menggunakan Software Solid Work 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mulyaningsih, N. … Hastuti, S. 2023. Analisis Variasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Terhadap Kekuatan Rangka dengan Ansys Workbench. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur Dan Energi, 6(1). https://doi.org/10.30596/rmme.v6i1.12680
Nurannisaa, S. … Nugroho, J. A. 2021. Pengembangan “Jurnal Proses Desain” sebagai Media Pembelajaran Perancangan Desain. Jurnal Desain, 9(1), 131. https://doi.org/10.30998/jd.v9i1.10690
Pramono, G. E. … Waluyo, R. 2020. Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 5(2), 319. https://doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326
Putra, I. E., and Ahsanul, K. 2021. Design of a Hydraulic Plate Bending Machine. Jurnal Teknik Mesin, 11(2), 117–123. https://doi.org/10.21063/jtm.2021.v11.i2.117-123
Ramadhan, I. S. 2022. Analisis Pembebanan Pada Frame E-Bike Menggunakan Ansys Workbench. Universitas Tidar. Universitas Tidar.
Saputra, H., and Zulkarnain, R. A. 2015. Simulasi Tegangan dan Perubahan Bentuk Pada Rangka Sepeda Air Hamors Menggunakan Software Solidwork 2013 Mechanical Engineering study Program. Jurnal Integrasi, 7(2), 91–96.
Saputra, O. A., and Sudiro, S. 2019. Pengenalan printing 3D dan software Autodesk Fusion untuk guru dan siswa SMK di eks karisidenan Surakarta. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 83. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.83-94
Satria, D. … Pratama, Y. 2016. DESAIN MATERIAL SELECTION UNTUK FRAME SEPEDA LISTRIK HYBRID. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(2), 413. https://doi.org/10.36055/tjst.v12i2.6606
Setiawan, H. … Diratama, M. Y. 2022. Model 3D Roda Gigi Heliks Berbasis Script Menggunakan Software Autodesk Fusion 360. Rotasi, 24(1), 8–15.
Setiawan, R. … Daryus, ari. 2023. ANALISIS SIMULASI KEKUATAN DAN PEMBUATAN RANGKA KENDARAAN SEPEDA MOTOR LISTRIK Analysis of Strength Simulation and Frame Fabrication of Electric Motorcycle Vehicle. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur, 8(1), 58–66.
Setyoadi, Y., and Annanto, G. P. 2018. Optimasi Desain Rangka Sepeda Gunung Menggunakan Metode Elemen Hingga. Rotasi, 20(3), 172. https://doi.org/10.14710/rotasi.20.3.172-177
Sidjabat, S. 2016. Sepeda sebagai Alat Transportasi Ramah Lingkungan. Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik , 3(1), 117–122.
Sunardi. 2017. Optimalisasi Desain Frame Sepeda Menggunakan Software Autodesk Inventor 2015 (Optimizing Frame Bike Design Using Autodesk Inventor Professional 2015 Simulation). Semesta Teknika, 20(2), 187–192.
Yakub, A. … Ramadhan, A. I. 2016. Optimasi Desain Rangka Sepeda Berbahan Baku Komposit Berbasis Metode Anova. Jurnal Teknologi, 8(1), 17. https://doi.org/10.24853/jurtek.8.1.17-22
Zulhanif. 2012. Pengaruh Prestrain Bertingkat Terhadap Kekerasan dan Kekuatan Tarik Baja Karbon Sedang. Mechanical, 3(1), 32–39.
Refbacks
- There are currently no refbacks.