Pengalaman dan Pembelajaran Mahasiswa dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat bagi UMKM Kuliner di Kelurahan Bunul Kota Malang

Avanda Vini Althira, Fiqh Ilmy Fauzy, Aris Siswati

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan soft skills sambil berkontribusi pada pemberdayaan komunitas lokal. Eksplorasi pengalaman mahasiswa yang terlibat dalam pelatihan pengelolaan usaha, digital marketing, dan mindset wirausaha bagi UMKM kuliner di Kelurahan Bunul, Kota Malang. Melalui keterlibatan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, mahasiswa tidak hanya meningkatkan kemampuan manajerial dan komunikasi, tetapi juga mendapatkan wawasan mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil. Pengalaman ini mendorong pengembangan kesadaran sosial dan tanggung jawab mahasiswa sebagai agen perubahan, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan profesional di masa depan. Hasil rekomendasi dari kegiatan ini agar program serupa diperluas untuk lebih banyak mahasiswa, dengan dukungan yang lebih kuat dari universitas dan pemerintah lokal untuk menjamin keberhasilan dan keberlanjutannya.

Keywords

Digital Marketing, Kewirausahaan, Kota Malang, UMKM

Full Text:

PDF

References

P. Pelaksanaan et al., “Pemanfaatan Video Tutorial Batik Seng Melalui Akses Media Sosial,” 2020.

H. Margahana, E. Triyanto, S. Trisna Negara Sumatera Selatan, and S. Surakarta, “MEMBANGUN TRADISI ENTREPRENEURSHIP PADA MASYARAKAT,” 2019.

A. Istiqomah, D. Kartika, and O. P. Safira, “Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemasaran Digital Menggunakan Ecommerce Shopee Pada UMKM Majun Jaya Di Kp. Pasir Pogor Rt/Rw 009/005 Ds. Nagacipta Kec. Serang Baru Kab. Bekasi,” Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 10–16, Jun. 2024, doi: 10.56457/dinamika.v2i1.552.

H. Kamil, K. Aulia, A. S. M. Husna, N. A. Saputri, R. W. Kurniawati, and H. Kiswanto, “Seminar Hukum dan Cara Pengelolaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat,” Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 53–71, Nov. 2023, doi: 10.55506/arch.v3i1.84.

A. Yolandi Roos Mareike Sinolungan, “PENCIPTAAN MINDSET WIRAUSAHA UMKM DI KELURAHAN GIRIAN PERMAI KECAMATAN GIRIAN KOTA BITUNG.”

N. M. Suindari and N. M. R. Juniariani, “PENGELOLAAN KEUANGAN, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGUKUR KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM),” KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, vol. 11, no. 2, pp. 148–154, Jan. 2020, doi: 10.22225/kr.11.2.1423.148-154.

Francis Marion University and S. C. Florence, “CHAPTER I THE NATURE OF STRATEGIC MANAGEMENT,” 2009.

A. S. Elsa Dwi Ramanti1, “Mindset Entrepreneur,” PENGARUH PEMAHAMAN INFORMASI KEUANGAN DAN MINDSET ENTREPRENEUR TERHADAP KINERJA UMKM DI PASAR IR SOEKARNO SUKOHARJO, May 2022.

H. Wijoyo, A. Ariyanto, D. Sunarsi, and M. Faisal Akbar, “Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.