Perancangan User Interface dan User Experience Prototype Aplikasi “Lapor Pak Yes!” Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Android

Bima Putra Pradana, Anwar Sodik

Abstract

Di zaman yang semakin canggih, kehadiran teknologi telah memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pengaduan masyarakat belum terkelola secara efektif dan terorganisir yang mengakibatkan kekhawatiran masyarakat berlebih tentang kinerja tata pemerintahan yang adil. Ini melibatkan penyebaran kuesioner yang berisi pertanyaan tentang aspek tertentu dari produk, seperti kemudahan penggunaan, desain, dan konten. Data yang dikumpulkan dari User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan mengidentifikasi dan mengevaluasi area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil dari yang diperoleh dari perancangan model Prototype User Interface (UI) sangat diterima oleh Masyarakat Lamongan pada Aplikasi “Lapor Pak Yes!”. Penerapan metode Design Thinking pada perancangan model Prototype User Interface (UI) Aplikasi “Lapor Pak Yes!” dengan melalui tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Kesimpulan berdasarkan memperhatikan aspek pengalaman pengguna, sehingga fitur dan tampilan dapat lebih mudah dimengerti, nyaman pada saat digunakan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Keywords

Prototype; UI; UX; Design Thinking; UEQ; Lapor Pak Yes!

Full Text:

PDF

References

Sumera, G. C., Sompie, S. R., & Mamahit, D. J. (2020). Aplikasi Pelaporan Pelanggaran dan Pelayanan Publik di Lingkungan Universitas Sam Ratulangi Berbasis Mobile. Jurnal Teknik Informatika, 145-154.

Jdihn. (2023, 5 21). Retrieved from https://jdihn.go.id/: https://jdihn.go.id/files/4/2009uu025.pdf

H Yuwono, A., & Indrajit, P. E. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Thinking. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Napitupulu, A. A. (2018). PEMBANGUNAN FRONT-END WEBSITE PENDAFTARAN RENCANA STUDI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN MEMPERHATIKAN UI/UX. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 7-19.

Fariyanto, F., Suaidah, & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KAHURIPAN). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 52-60.

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan UserExperience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 69-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.