Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Aplikasi E-Commerce Berdasarkan Metode TAM pada Kelompok IKM di Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan user knowledge, skill, dan personal innovativeness sebagai variabel exsternal yang mempengaruhi penerapan aplikasi e-commerce pada Industri Kecil dan Menengah (IKM)di Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan online form dengan snowball sampling yang masuk dalam non-probability sampling dengan mendistribusikan kuesioner ke 100 responden pengguna e-commerce pada IKM. Model yang diadopsi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan metode analisis multivariat menggunakan Struktural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian ini menemukan bahwa user knowledge berpengaruh negatif terhadap perceived usefulness, personal innovativeness berpengaruh negatif terhadap perceived ease of use, perceived ease of use berpengaruh negatif terhadap attitude toward use, dan hipotesis lainnya semuanya berpengaruh positif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Sembilan hipotesis terdukung dan tiga hipotesis tidak terdukung karena arah path berlawanan arah ke negatif. Penelitian ini berkontribusi pada informasi tambahan bagi IKM dalam mempertimbangkan pandangan pengguna tentang pengetahuan pengguna, keahlian, dan inovasi pribadi. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu tidak memperhitungkan faktor usia user sebagai moderasi yang kemungkinan akan mengubah hasil dari penelitian ini. Faktor usia yang semakin tua dapat menurunkan knowledge, skill, inovasi pribadi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti usia sebagai moderasi penerapan e-commerce pada IKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemenperin, “Bisnis Online Semakin Legit, Kemenperin Pacu IKM Go Digital,” 2021. https://kemenperin.go.id/artikel/22862/Bisnis-Online-Semakin-Legit,-Kemenperin-Pacu-IKM-Go-Digital.
N. L. P. Hariastuti, P. B. Santoso, and I. P. Tama, “Identifying Driving Factors of Technological Innovation to Create Sustainable Value in Metal Manufacturing SMEs,” Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 21, no. 1, pp. 43–57, 2022.
N. L. P. Hariastuti, P. Pratikto, P. B. Santoso, and I. P. Tama, “Analyzing the drivers of sustainable value creation, partnership strategies, and their impact on business competitive advantages of small & medium enterprises: a PLS-model,” Eur. J. Enterp. Technol., vol. 2, no. 13, p. 110, 2021.
I. G. A. K. Giantari, I. M. Wardana, T. G. R. Sukawati, N. M. D. R. Cahyanti, and N. W. M. D. Utami, Kinerja Bisnis Ikm Olahan Pangan Dengan Membangun Model Strategi Bersaing. CV. Intelektual Manifes Media, 2024.
E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan,” Iqra’ J. Perpust. dan Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66.
S. Sirkemaa, “The role of trust in e-business: understanding the customer,” in The 14th WSEAS International Conference on Computers, 2010, pp. 771–775.
Kemendag, “Penyusunan Laporan Perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM).” 1997.
W. Jiarui, Z. Xiaoli, and S. Jiafu, “Interpersonal relationship, knowledge characteristic, and knowledge sharing behavior of online community members: A TAM perspective,” Comput. Intell. Neurosci., vol. 2022, no. 1, p. 4188480, 2022.
A. Aldraiweesh and U. Alturki, “Exploring factors influencing the acceptance of e-learning and students’ cooperation skills in higher education,” Sustainability, vol. 15, no. 12, p. 9363, 2023.
H. Jo and Y. Bang, “Understanding continuance intention of enterprise resource planning (ERP): TOE, TAM, and IS success model,” Heliyon, vol. 9, no. 10, 2023.
Z. Liu, S. Ben, and R. Zhang, “Factors affecting consumers’ mobile payment behavior: A meta-analysis,” Electron. Commer. Res., vol. 19, no. 3, pp. 575–601, 2019.
N. Yahyapour, “Determining factors affecting intention to adopt banking recommender system: case of Iran.” 2008.
A. R. Negoro and D. Achjari, “Analisis Risiko Persepsian, Manfaat Persepsian, dan Kemudahan Penggunaan Persepsian Terhadap Penggunaan Paylater Pada E-commerce di Indonesia,” Wahana Ris. Akunt., vol. 12, no. 1, pp. 93–108, 2024.
E. S. Park and M. S. Park, “Factors of the technology acceptance model for construction IT,” Appl. Sci., vol. 10, no. 22, p. 8299, 2020.
J. K. Mullins and T. P. Cronan, “Enterprise systems knowledge, beliefs, and attitude: A model of informed technology acceptance,” Int. J. Inf. Manage., vol. 59, p. 102348, 2021.
P. Gerli, J. Clement, G. Esposito, L. Mora, and N. Crutzen, “The hidden power of emotions: How psychological factors influence skill development in smart technology adoption,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 180, p. 121721, 2022.
A. S. Al-Adwan, N. Li, A. Al-Adwan, G. A. Abbasi, N. A. Albelbisi, and A. Habibi, “Extending the technology acceptance model (TAM) to Predict University Students’ intentions to use metaverse-based learning platforms,” Educ. Inf. Technol., vol. 28, no. 11, pp. 15381–15413, 2023.
Y. S. Fern, T. C. Ling, L. K. Boon, S. W. L. Fong, and F. M. Jie, “Mobile advertising: behavioural intention among undergraduates in Malaysia,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3.21, pp. 232–237, 2018.
F. Gunawan, M. M. Ali, and A. Nugroho, “Analysis of the effects of perceived ease of use and perceived usefulness on consumer attitude and their impacts on purchase decision on PT Tokopedia in Jabodetabek,” Eur. J. Bus. Manag. Res., vol. 4, no. 5, 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.