Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis (IPA) Dan Potential Gain Customer Value (PGCV) (Studi Kasus Corina Coffee)

veronika wulan dari, Suparjo Suparjo, Suharti Suharti

Abstract

Corina Coffee adalah salah satu bisnis Coffee shop yang saat ini berkembang di Madiun. Saat ini Corina Coffee mengalami penurunan hingga 15% dari pendapatan perbulan sekitar 10 sampai 20 juta. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian terkaitan alias kepuasan pelanggan dengan metode Service Quality agar dapat melihat atribut-atribut pada pelayanan dan dapat melihat nilai gap score yang ada pada pelayanan Corina, kemudian pada metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk menjelaskan kepentingan atribut yang paling dasar sehingga dapat mengetahui atribut mana saja yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan jasa dan metode Potential Gain Customer Value (PGCV) di Corina Coffee, Madiun. Hasil perhitungan menggunakan metode Service Quality menujukkan bahwa pelanggan merasa belum puas terhadap pelayanan nilai rata-rata kinerja corina coffee dengan nilai gap antara kinerja perusahaan dengan harapan pelanggan sebesar - 0.227. Pada diagram kartesius IPA atribut ynag menjadi prioritas utama untuk perbaikan yaitu keseluruhan atribut yang berada pada kuadran A. Pada hasil metode Potential Gain Cuatomer Value yang menjadi prioritas perbaikanlayanan di Corina coffee adalah memberikan jarak tempat duduk antar pelanggan dan Ketepatan buka coffee shop.

Keywords

Coffee Shop; SERVQUAL; IPA; PGCV

Full Text:

PDF

References

P. Anggi Ranitaswari, S. Mulyani, C. Anom Bayu Sadyasmara, M. Jurusan Teknologi Industri Pertanian, F. Tekonologi Pertanian, And D. Jurusan Teknologi Industri Pertanian, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (Studi Kasus Di Geo Coffee),” 2018.

S. Bagaskara, “Jurnal Senopati Sustainability, Ergonomics, Optimization, And Application Of Industrial Engineering Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Jaasa Cuci Sepatu Sans.Inc Dengan Metode Costumer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” 2019.

Yudi Siyamto, “Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Ipa Dan Csi Terhadap Kepuasan Nasabaah Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi) Terhadap Kepuasan Nasabah,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Pp. 63–76, 2017.

R. A. R. Vera Devani, “Analisiskepuasan Pelanggandengan Menggunakanmetodecustomer Satisfaction Index(Csi) Danpotential Gain In Customer Value(Pgcv),” Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Pp. 24–29, 2016.

Cucu Sumartini And Dini Fajriany, “Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja,” 2019.

F. A. Gita Dwi Saraswati, “Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Indodax Dengan Menggunakan Metode E-Serqual Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” Jurnal Ilmiah Komputasi, Vol. 20, No. 3, Sep. 2021, Doi: 10.32409/Jikstik.20.3.2735.

Wahju Wibowo And I. Nuryanto, “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dengan Metode Integrasi Servqual Dan Diagram Kartesius,” 2022. [Online]. Available: Http://Journal.Stekom.Ac.Id/Index.Php/E-Bisnis■Page195

I. S. Achmad Suyitno, “Desain Peningkatan KepuasanN Pelanggan Dengan Pendekatan Metode Servqual Dan Ipa Di Underpass Cafe,” Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2019, Pp. 137–141, 2019.

P. E. Rizqiyah, R. T. Subagio, And T. E. Putri, “Penerapan Metode Ipa Dan Pgcv Untuk Mengukur Tinggkat Kepuasan Konsumen Coffee Shop,” Jurnal Teknologi Dan Informasi (Jati), Vol. 11, No. 2, 2021, Doi: 10.34010/Jati.V11i2.

A. Darmawan And N. Khaerani Busri, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Purna Jual Avanza Dengaan Metode Servqual Dan Pgcv (Studi Kasus Bppt Hadji Kalla Cabang Urip Makassar),” Jemis, Vol. 2, No. 2, 2014, [Online]. Available: Http://Jemis.Ub.Ac.Id/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.