Pelatihan Batik Kerudung Dengan Pewarnaan Limbah Dapur dan Ecoprint Untuk Ibu-Ibu PKK Medokan Ayu Rungkut

Bonifacia Bulan Aruming Tyas, Sufiana Sufiana, Kelvin Kelvin

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberdayakan ibu-ibu PKK Medokan Ayu Timur, Rungkut, Surabaya melalui pelatihan pembuatan batik kerudung dengan teknik ikat celup dan ecoprint menggunakan pewarna alami dari limbah dapur. Permasalahan utama yang dihadapi mitra adalah belum adanya pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan bahan-bahan sisa dapur, seperti kulit kunyit, ampas kopi, ampas teh, kulit bawang merah, dan kulit bawang bombay, sebagai pewarna alami. Selain itu, mitra juga memerlukan pendampingan dalam proses pemberian merek dan pemasaran produk secara digital. Kegiatan dilaksanakan melalui pendekatan observasi dan partisipasi aktif agar peserta terlibat langsung serta mampu berlatih secara mandiri. Pelatihan terbagi menjadi dua tahap, yaitu penyampaian materi dan praktik lapangan yang berlokasi di rumah anggota mitra. Pada tahap praktik, peserta diajarkan mulai dari proses persiapan kain, pewarnaan, pengikatan, pencelupan, pembilasan, hingga pengeringan, dilanjutkan dengan sesi branding dan promosi produk melalui media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme peserta yang tinggi serta kemampuan mereka dalam menghasilkan motif batik yang unik dan estetis. Produk batik yang dihasilkan kemudian dikembangkan melalui pemberian merek, pengemasan, dan pameran yang didukung oleh publikasi di akun media sosial PKK Medokan Ayu Timur. Program ini didanai oleh Diktisaintek Berdampak bekerja sama dengan Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya, dan diharapkan menjadi langkah awal bagi pengembangan batik ramah lingkungan di masyarakat sekitar.

Keywords

Batik kerudung; Ecoprint; Ikat celup; Limbah dapur; Pemberdayaan masyarakat; Pewarna alami

Full Text:

PDF

References

M. A. Buana, A. Isdiyanto, Saptariana, and A. Pramana, “Pemberdayaan Perempuan Melalui Workshop Ecoprint Ibu PKK Desa Dalangan dalam Meningkatkan Kreativitas,” Bina Desa, vol. 7, no. 2, 2025, doi: https://doi.org/10.15294/jurnalbinadesa.v7i2.12077.

T. Nadeem, Kashif, M. H. M. Faiza Anwar, and Asfandyar Khan, “Sustainable Dyeing of Wool and Silk with Conocarpus erectus L. Leaf Extract for the Development of Functional Textiles,” Sustain. MDPI, vol. 16, no. 2, p. 811, 2024.

R. A. M. Febrianti and A. S. N. Herbert, “Business Analysis and Product Innovation to Improve SMEs Business Performance,” Int. J. Res. Appl. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: https://doi.org/10.34010/injuratech.v2i1.

B. M. Wibawa, N. Nareswari, R. R. Mardhotillah, and F. Pramesti, “Utilization of Social Media and Its Impact on Marketing Performance: A Case Study of SMEs in Indonesia,” Int. J. Bus. Soc., vol. 23, no. 1, 2022, doi: https://doi.org/10.33736/ijbs.4596.2022.

F. Bardan, S. Razali, T. Amiruddin, and A. M. Santi, “Pendampingan Santri Melalui Kreatifitas Kerajinan Tangan Di Dayah Muslimat Samalanga,” Khadem J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i2.752.

D. F. Nurillah et al., “Training And Mentoring Of The Creative Women’s Group Tanginas To Develop Innovative Bamboo Shoot-Based Products In Cimareme Village, West Bandung Regency,” Ina. Community Serv. J., vol. 3, no. 2, pp. 71–81, 2024, doi: https://doi.org/10.56956/inacos.v3i2.385.

Rismawati, N. S. Syaharany, S. Aprilianti, and W. Septianawati, “Pemberdayaan Ibu PKK dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Era Digital,” Masyarif aAl Syariah, J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 10, no. 1, 2025, doi: https://doi.org/10.30651/jms.v10i1.25210.

Nuri Mardiana Eka Putri Rudianingsih and F. Ratyaningrum, “PENGEMBANGAN DESAIN BATIK MOTIF ANJUK LADANG DI KOTA NGANJUK,” J. Pendidik. Seni Rupa, vol. Volume 2, no. 3, pp. 137–145, 2014.

K. S. Maynard and Lucy, The Practitioner Guide to Participatory Research with Groups and Communities. Policy Press, 2022.

R. Widhiastuti, W. Rahmaningtyas, N. Farliana, and D. E. Kusumaningtias, “Pemberdayaan Perempuan di Kampung Tematik Jamrut melalui Kreativitas Berbasis Ecoprint,” Nuansa Akad. Jrnal Pembang. Masy., vol. 7, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i2.1208.

I. Irdalisa, M. Elvianasti, H. N. Yarza, and E. Hanum, “Pelatihan Teknik Ecoprint Sebagai Peluang Usaha Fashion yang Ramah Lingkungan Bagi Ibu PKK Kelurahan Klapanunggal,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, 2023, doi: https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4199.

P. R, Rani, and A. Nancy, “Dyeing at Home fro Kitchen Waste- Tea and Coffee Residu,” Shodkosh, J. Vis. Perform. Arts, vol. 4, no. 2, 2023, doi: https://doi.org/10.29121/shodhkosh.v4.i2.2023.519.

R. R. Ahmed, V. Parmar, and M. A. Amin, “Impact of Product Packaging on Consumer’s Buying Behavior,” Eur. J. Sci. Res., vol. 122, no. 2, pp. 125–134, 2014, doi: 10.13140/2.1.2343.4885.

Jewel Dela Novixoxo, N. A. S. Mills, and L. Anning, “The Effect of Packaging on Perceived Quality and Purchase Intention of Made-In-Ghana Brands,” Eur. J. Bus. Manag., vol. 11, no. 5, 2019.

J. Mensah, P. K. Oppong, and M. Addae, “Effect of Packaging on Perceived Quality and Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Association in Over-the-Counter Market,” Bus. Manag., vol. 10, no. 1, 2022.

O. Ampuero-Canellas and N. Vila, “Consumer perception of product packaging,” J. Consum. Mark., vol. 23, no. 2, pp. 100–112, 2006.

J. Dolic, M. Petric, J. Pibernik, and L. Mandić, “Influence of packaging design on the quality perception of chocolate products,” Conf. 11th Int. Symp. Graph. Eng. Des., 2022, doi: 10.24867/GRID-2022-p61.

C. Liu, M. R. Samsudin, and Y. Zou, “The Impact of Visual Elements of Packaging Design on Purchase Intention: Brand Experience as a Mediator in the Tea Bag Product Category,” vol. 15, no. 2, p. 181, 2025, doi: https://doi.org/10.3390/bs15020181.

W. Yuan, Z. Dong, Xue, J. L. Luo, and Y. Xue, “Which visual elements on packaging affect perceived credibility? A case study of in vitro diagnostic kits,” Helliyon, vol. 9, no. 6, 2023.

R. Li and Hanjing Li, “The Impact of Food Packaging Design on Users’ Perception of Green Awareness,” MDPI J. Sustain., 2024.

F. R. Arsj, “Sosialisasi Desain Kemasan sebagai Daya Tarik Produk Bagi UKMK Makanan dan Minuman Jakpreneur Wilayah Jakarta Selatan,” Usahid, Ind. Kreat. dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, 2021.

R. Madjid, Buku Perilaku Konsumen, Edisi Revi. deepublishstore.com, 2023.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.