Peran Alat Peraga dan Permainan Edukatif sebagai Media Pembelajaran untuk Menstimulasi Minat dan Kecerdasan Literasi Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Endang Setyati, Yulius Widi Nugroho, Tjwanda Putera Gunawan

Abstract

Pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menemukan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, terutama dalam meningkatkan literasi pada jenjang sekolah dasar. Program pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada mitra SD Muhammadiyah 4 Surabaya, di mana teridentifikasi permasalahan berupa rendahnya minat dan kecerdasan literasi siswa kelas rendah serta keterbatasan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Solusi yang ditawarkan adalah pemberdayaan guru melalui pelatihan dan workshop untuk merancang, membuat, dan mengimplementasikan Alat Peraga dan Permainan Edukatif (APPE) yang murah, mudah direplikasi, dan efektif. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar literasi, serta memberdayakan guru dengan keterampilan praktis yang berkelanjutan. Kegiatan ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas, dengan memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi semua. Diharapkan, program ini tidak hanya memberikan dampak langsung di sekolah mitra tetapi juga menjadi model yang dapat diadopsi oleh sekolah lain.

Keywords

Alat Peraga dan Permainan Edukatif (APPE); Minat literasi; Pemberdayaan guru; Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

J. Ruauw, S. Rompas, and L. Gannika, “Stimulasi Motorik Dengan Perkembangan Fisik Pada Anak Usia 3-5 Tahun,” J. Keperawatan, vol. 7, no. 2, 2019, doi: 10.35790/jkp.v7i2.24470.

H. Anggraini and D. Susanti, “Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Membaca Anak dengan Media Gambar,” J. Stud. Guru Dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 407–417, 2025, [Online]. Available: https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/5648

E. Daryani, I. Daulay, and R. Witarsa, “Pengaruh Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Menulis Siswa Kelas III SDN 18 Penyagun,” JICN J. Intelek dan Cendikiawan Nusant., vol. 1, no. November, pp. 7567–7579, 2024, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn

A. M. Nata et al., “Pengaruh dan Manfaat Gerakan Literasi Terhadap Pemahaman Bahasa: Meningkatkan Kompetensi Linguistik di Era Digital,” J. Pendidik. Bhs. dan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, 2025.

B. N. Iman, “Budaya literasi dalam dunia pendidikan,” in Conference of Elementary Studies, 2022, pp. 23–41. [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14908

Husni Dwi Syafutri, Muhammad Danu Saputra, and Natuliyantari, “Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Peserta Didik,” J. Inov. Edukasi, vol. 5, no. 1, pp. 51–63, 2022, doi: 10.35141/jie.v5i1.289.

N. S. Putri, D. Fadlilah, and R. Putriana, “Studi Literatur: Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Edukatif di Kelas Rendah SD,” Paedagogie, vol. 20, no. 2, pp. 99–106, 2025, [Online]. Available: https://journal.unimma.ac.id/index.php/Paedagogie/article/view/14752

Putri Indah Mawati Waruwu and Yulls Helsa, “Implementasi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Sekolah Dasar,” J. Arjuna Publ. Ilmu Pendidikan, Bhs. dan Mat., vol. 3, no. 3, pp. 255–267, 2025, doi: 10.61132/arjuna.v3i3.1942.

R. Q. Akyuna, A. D. Wahyuni, and D. Mintasih, “Peran Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik,” Asas Wa Tandhim J. Hukum, Pendidik. Dan Sos. Keagamaan, vol. 05, no. 01, pp. 121–132, 2025.

Rahim Farida, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar / Farida Rahim. 2018. [Online]. Available: https://dpk.kepriprov.go.id/opac/detail/291dh

H. Hijriati, “Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 2, p. 59, 2017, doi: 10.22373/bunayya.v3i2.1699.

R. Indrawaty, E. E. Rohaeti, and R. Y. Mahardika, “Effectiveness of Genially interactive media in improving presentation competence of elementary school students,” Inov. Kurikulum, vol. 22, no. 4, pp. 2161–2172, 2025.

J. P. Gee, “What video games have to teach us about learning and literacy,” Comput. Entertain., vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2003, doi: 10.1145/950566.950595.

K. Salen and E. Zimmerman, Rules of Play: Game Design Fundamentals. The MIT Press, 2004. [Online]. Available: http://books.google.com/books?id=UM-xyczrZuQC&pgis=1

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, vol. 2302, no. 1. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, no. March. PT. Remaja Rosdakarya, 2020.

M. Lisa, A. Mustika, and N. S. Lathifah, “Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Kesehat., vol. 11, no. 1, pp. 125–132, 2020, doi: 10.26630/jk.v11i1.1584.

K. Nugraheni, N. R., & Wonosari, “Pengaruh Alat Permainan Edukatif ( APE ) “ Maze of Busy City,” J. Prodi Teknol. Pendidik., vol. 7(1), no. 1, pp. 26–38, 2018.

P. S. Rosmana, “Pembinaan Kompetensi Guru Melalui Program Inservice Training Ape Untuk Paud,” Res. Early Child. Educ. Parent., vol. 3, no. 1, 2022, doi: 10.17509/recep.v3i1.43406.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.