Pelatihan Pemanfaatan Internet dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Bisnis

Annas Setiawan Prabowo, Riyadi Purwanto, Lutfi Syafirullah, Abdul Rohman Supriyono, Devi Taufiq Nurrohman

Abstract

Usaha kecil menengah (UKM) memiliki peran yang besar dalam pembangunan ekonomi nasional. Di Indonesia, pelaku UKM mayoritas didonimasi oleh masyarakat berpendidikan rendah sehingga dalam proses pemasarannya masih menggunakan cara konvensional. Kegiatan pengabdian ini melakukan pelatihan pemanfaatan internet untuk meningkatkan daya saing bisnis UKM di kabupaten Cilacap. Materi yang disampaikan mulai dari membuat website pribadi untuk penjualan online, membuat deskripsi produk, membuat video dan pengenalan SEO untuk optimasi. Luaran dari pelatihan ini berupa website penjualan online yang dimiliki oleh masing – masing peserta. Harapannya dengan adanya website pribadi kepercayaan calon pembeli mulai terbangun dan produk dari UKM lebih banyak diakses oleh masyarakat dari pemanfaatan google keyword planner.

Keywords

UKM; Penjualan Online; Google Keyword Planner

Full Text:

PDF

References

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Jauhari, J. (2014). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. https://doi.org/2355-4614

LAILY, N. (2016). Analisis Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Terhadap Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb). Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1–4.

Saefullah, A., Himawan, & Arisantoso. (2015). ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO ) PADA WEBSITE E-COMMERCE Program Studi Teknik Informatika , Universitas Islam Attahiriyah. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), 2–3. Retrieved from http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1546

Sulistyo. (2010). Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dengan Basis Kerakyataan di Kabupaten Malang. Ekonomi Modernisasi, 58–73.

Teguh, C. (2012). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli. JRMB, 7(2), 147–160.

Wahyudi, R., & Riyanto, A. D. (n.d.). PELATIHAN APLIKASI TEKNIS PENGEMBANGAN ONLINE MARKETING BAGI UKM SE-BALINGMASCAKEB. 1(1), 21–30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.