PKM Strategi Membangun Bisnis Yang Kuat Melalui Pendampingan Pada Komunitas Kebon Pala Berseri Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Eka Dyah Setyaningsih, Ida Zuniarti, Titik Misriati

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah yang terdapat di Komunitas Usaha Kebon Pala Berseri masih belum maksimal dalam mengembangkan usaha di bidang makanan olahan, obat herbal, dan kerajinan tangan. Oleh sebab itu, perlu adanya pelatihan tentang kewirausahaan untuk meningkatkan kemampuan soft skill dari peserta pengabdian masyarakat agar memiliki mental yang kuat dalam menjalankan usaha. Selain pelatihan, dilakukan juga pendampingan terhadap mitra agar mampu menjalankan usaha dan membangun bisnis yang kuat untuk meningkatkan produktivitas dari usaha yang dijalankan. Berdasarkan hasil pelaksanaan pelatihan dan pendampingan, dapat disimpulkan bahwa pemahaman mitra meningkat sebanyak 77%.


Keywords


PKM; Strategi Bisnis; Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Ariani, & Utomo, M. N. (2017). KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA TARAKAN. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Hamid Edy Suandi & Susilo Y. Sri. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 45–55.

Irdayanti. (2012). Peran pemerintah dalam pengembangan UKM berorientasi ekspor studi kasus: Klaster kasongan dalam rantai nilai tambah global. Peran Pemerintah Dalam Pengembangan UKM Berorientasi Ekspor Studi Kasus: Klaster Kasongan Dalam Rantai Nilai Tambah Global, 3(2).

Sakur. (2011). Kajian faktor-faktor yang mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. Spirit Publik, 7(2), 85–110.

Syahza, A. (2013). Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk percepatan peningkatan ekonomi daerah di Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau, Pusat Pengkajian Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Riau: Pusat Pengkajian Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by:

 Google ScholarGARUDA Garba Rujukan DigitalDimensions Logo 

 

Tools:

Plagiarism Checker X LogoZotero IconMendeley Icon

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745