Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru di SDN 3 Jatinegoro, Sempor, Kebumen

Muhammad Sipan, Ari Endang Jayati, Puri Muliandhi

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana penting bagi guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa mereka. Bagaimana guru menyampaikan informasi dan media yang digunakan memengaruhi keberhasilan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran. SDN 3 Jatinegoro, Sempor, Kebumen adalah sekolah yang terkena efek langsung pandemi COVID-19 dan terdiri dari hanya delapan guru, yakni tiga PNS dan lima GTT. Karena kondisi lingkungan saat ini yang tidak menentu, terutama selama tiga tahun terakhir akibat pandemi COVID-19, pengabdian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam sistem pembelajaran seperti pembelajaran pendidikan dasar. Dengan kondisi ini, guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran online dengan efektif sehingga siswa mampu mampu menguasai materi apa yang telah diajarkan selama proses pembelajaran. Untuk mencapai semua ini, guru harus memiliki kemampuan untuk membuat media pembelajaran berkualitas tinggi, termasuk media pembelajaran yang interaktif untuk siswa. Tujuan pengabdian yaitu meningkatkan pembelajaran online guru SDN 3 Jatinegoro, Sempor, Kebumen dengan melaksanakan pelatihan perihal pembuatan media belajar yang interaktif, yang akan membantu guru menjadi dapat berinteraksi dengan siswa. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan guru mampu mempunyai keahlian lebih baik perihal pembuatan media pembelajaran lebih kreatif. Ini akan memastikan bahwa baik pembelajaran online maupun pembelajaran langsung tetap memiliki kualitas yang sama.

Keywords

COVID-19; Jatinegoro; Media pembelajaran; PPKM; SDN

Full Text:

PDF

References

Alwazir Abdusshomad (Vol. 12 No. 2 (2020) “ Pengaruh Covid-19 terhadap Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam” Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang

Budhi Oktavia. Iswendi, M. S Edi Nasra, M. Si Hary Sanjaya (2011). Pelatlkan It Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Sma Se-Kota Padang. FMIPA UNP.

Dedi Robandi, Mudjiran (2020) “Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi” Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.

Dindin Jamaluddin1, Teti Ratnasih2, Heri Gunawan3, Epa Paujiah4 (2020), “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru:Hambatan, Solusi Dan Proyeksi” UIN Sunan Gunungjati.

Garris Pelangi (2020), “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma” Universitas pamulang.

Lia Nur Atiqoh Bela Dina (2020) “ Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19” Universitas Islam Malang.

Mahendra Adhi Nugroho, M. Andryzal Fajar, Patriani Wahyu Dewanti, Rizqi Ilyasa Aghni, Merinda Noorma Novida Siregar (2016). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Dan Web-Blog. Universitas Negeri yogyakarta.

Yulia Isratul Aini (2020). Berkreasi Membuat Media Pembelajaran dengan Aplikasi Canva. LPMP Bengkulu.

Rahmatullah, Inanna, Andi Tenri Ampa (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Universitas Negeri Makassar Makasar.

Rizki Setiawan, Eti Komalasari (2020) “ Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

.[11] https://www.canva.com/id_id/pendidikan/ 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.