Pendampingan Bimbingan Belajar dan Pembuatan Media Ajar Basic English untuk Santri Pondok Pesantren Al-Karimi

Lailatul Masruroh, Ahmad Thoyyib Shofi, Eva Nur Mazidah, Bariqotul Hidayah, Fauzitayun Ni'mah

Abstract

Bahasa Inggris di Indonesia memang bukan bahasa pertama atau bahasa kedua. Namun, faktanya, bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib pada Ujian Nasional. Begitu juga dengan tumbuhnya sekolah-sekolah berstandar internasional yang mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris, adaptasi kurikulum berbasis kemampuan berbahasa Inggris, hingga menjadikan keahlian berbahasa Inggris menjadi syarat kelulusan pada berbagai perguruan tinggi. Selain itu, di berbagai lembaga non-formal, seperti pondok pensantren, juga memfasilitasi santri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui program-program tertentu, misalnya Bilingualisme, Englsih Area, English Corner, English Intensive Program, dan lain sebagainya. Dengan program tersebut, bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari dengan seluruh penghuni pondok, baik itu untuk komunikasi antarsantri atau dengan pengurus pondok. Seiring dengan maraknya program bilingual di pondok pesantren, misalnya di Pondok Pesantren Darussalam yang terletak di Gontor, Ponorogo atau Pondok Pesantren Mambaus Sholihin di Desa Suci, Gresik, Pondok Pesantren Al-Karimi juga mempunya tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris santrinya. Untuk mengawali program tersebut maka diperlukan bimbingan bahasa Inggris dasar bagi santri dan pengurus serta pengadaan beberapa media pembelajaran sebagai penunjang belajar.

Keywords

Bimbingan; Pembelajaran bahasa Inggris; Pembuatan media ajar; Pendampingan

Full Text:

PDF

References

Maxom, M. (2009). Teaching English as Foreign Language for Dummies. England : John Wiley &Sons, Ltd.

Broughton, G., Brumfit, C., Flavell, R., Hill, P., & Pincas, A. (2003). Teaching English as a Foreign Language (second). New York : Routledge.

Kurniyawan, S. N. (2009). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di Pesantren Program Internasional Pondok Modern Ar-Risalah Slahung Ponorogo.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5th ed.). New York : Pearson Longman.

Fromkin, V., Rodman, R., & Hyams, N. (2011). An Introduction to Language (9th ed.). USA : Wadsworth.

Lihawa, K., Pilongo, J. H. D., & Sambouw, E. L. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-hari bagi Para Pemuda di Kabupaten Gorontalo Utara.

Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know. NewYork : Newbury House Publisher.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.

Zulaikah, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-Hari dengan Metode VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) bagi Para Santri Pondok Pesantren Nurul Huda 2 Tanah Merah. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.420

Faridah, D. (2017). Engaging Multimedia Into Speaking Class Practices: Toward Student ’ s Achievement And Motivation. 2(2).

Thomas, R. M., & Kobayasi, V. N. (1987). Educational Technology Its Creation, Development and Cross Cultural Transfer (Vol. 4). New York : Pegamen Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.