Digitalisasi Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur
Abstract
Pandemi COVID-19 mengubah pola persaingan bisnis secara dramatis yang menuntut pelaku UMKM untuk kreatif dan inovatif. Salah satu sektor yang terkena dampak cukup signifikan adalah sektor usaha makanan dan minuman. Hal ini disebabkan oleh adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang melarang setiap rumah makan, depot, atau warung untuk melayani konsumennya untuk makan di tempat (dine-in). Salah satu sentra kuliner yang cukup berkembang di Surabaya adalah Sentra Wisata Kuliner Wiyung yang berlokasi di Jalan Wiyung Pondok Indah, Kelurahan Wiyung, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya. Sebagai solusi dari pemasalahan tersebut adalah akselerasi pengadopsian teknologi. Kemampuan digitalisasi ini secara khusus adalah pada aspek pemasaran, yakni pemasaran produknya secara online melalui teknik pemasaran digital yang terpadu untuk dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar dari para UMKM Sentra Wisata Kuliner Wiyung. Kegiatan pengabdian masyarakat di Sentra Wisata Kuliner Wiyung berjalan dengan baik dan mendapat respons yang positif dari para UMKM peserta pelatihan di Sentra Wisata Kuliner Wiyung. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya antusiasme dari para UMKM Sentra Wisata Kuliner Wiyung untuk mempelajari dan mempraktikkan digitalisasi pada usahanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
J. C. Essila, Managing Operations Throughout Global Supply Chains. 2019.
A. W. Sari and M. Meirinawati, “MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM SENTRA WISATA KULINER URIP SUMOHARJO OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SURABAYA,” Publika, pp. 105–118, Jan. 2021, doi: 10.26740/publika.v9n1.p105-118.
B. Vassileva, “Marketing 4.0: How Technologies Transform Marketing Organization,” Óbuda Univ. E-Bull., vol. 7, pp. 47–56, May 2017.
R. Bhawnani, “DIGITAL MARKETING AND ITS ROLE IN THE MODERN BUSINESS PROCESSES”, Accessed: Jun. 07, 2022. [Online]. Available: https://www.academia.edu/38096874/DIGITAL_MARKETING_AND_ITS_ROLE_IN_THE_MODERN_BUSINESS_PROCESSES
A. Wardhana, “STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN IMPLIKASINYA PADA KEUNGGULAN BERSAING UKM DI INDONESIA,” Apr. 2015.
J. Mero, T. Aarne, H. Karjaluoto, and C. Jayawardhena, “Digital and social media marketing usage in B2B industrial section,” Mark. Manag. J., vol. 22, pp. 102–117, Jan. 2012.
A. A.-W. Karakara and E. Osabuohien, “ICT adoption, competition and innovation of informal firms in West Africa: a comparative study of Ghana and Nigeria,” J. Enterprising Communities People Places Glob. Econ., vol. 14, no. 3, pp. 397–414, Jan. 2020, doi: 10.1108/JEC-03-2020-0022.
P. Schueffel, “Taming the Beast: A Scientific Definition of Fintech,” J. Innov. Manag., vol. 4, no. 4, Art. no. 4, 2016, doi: 10.24840/2183-0606_004.004_0004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.