Penerapan Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Guru Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah

Ahmad Thoyyib Shofi, Eva Nur Mazidah, Fauziyatun Ni'mah

Abstract

Belajar merupakan suatu proses keterkaitan antara peserta didik, pendidikan, dan materi yang diajarkan dalam lingkungan belajar. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Dalam hal ini, pendidik dituntut untuk menggunakan media yang ada. Selain itu, pendidik juga harus siap dengan perubahan media yang sesuai dengan perubahan teknologi. Pengajaran yang menggunakan media seperti televisi, laptop, film, proyektor, video, ponsel pintar, dan tablet biasanya disebut dengan pembelajaran berbasis multimedia. Berkaitan dengan pembelajaran bahasa dewasa ini, setiap orang semakin menyadari bahwa pengajaran bahasa secara tradisional tidak lagi efektif untuk menunjang kebutuhan peserta didik. Begitu juga dengan pembelajaran Bahasa Inggris, guru juga dituntut dapat menggunakan multimedia dalam proses pembelajaran demi mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif daripada menggunakan media tradisional yang diasumsikan cepat membosankan. Tanpa dipungkiri bahwa pembelajaran tradisional yang diterapkan oleh pendidik pada pembelajaran Bahasa Inggris merupakan kurangnya penguasaan iptek oleh guru. Berdasarkan hasil identifikasi masalah, didapatkan bahwa guru-guru Bahasa Inggris tingkat dasar dan menengah di Kecamatan Bungah, Gresik masih menggunakan media tradisional sehingga perlu diberikan sosialisasi dan pelatihan penerapan multimedia dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar tercipta suatu proses berlajar yang menarik, efektif, dan menyenangkan.

Keywords

Penerapan; Multimedia; Pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z. (2008). Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyrofi, S. (2010). Pembelajaran Multimedia. Surabaya: Insan Cendekia.

Kusnandar, A. (2007). Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.