Pelatihan Pembuatan Sabun Transparan pada SMA 17 untuk Meningkatkan Keterampilan

Erlinda Ningsih, Kartika Udyani, Agus Budianto, Sofiyya Julaika, Dian Yanuarita Purwaningsih, Daril Ridho Zuchrilah

Abstract

Kreatif anak muda saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat remaja. Pembekalan pengetahuan, pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas anak muda sekarang sangat diminati oleh para remaja. Pelaksanaan kegiatan pengabdian Masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan sabun transparan yang merupakan salah satu produk home industry dapat menjadi modal bagi para siswa-siswi SMA untuk menumbuhkan kreatifitas mereka dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pembuatan sabun transparan sebagian teknologi yang ada di teknik kimia kepada para siswa SMA Negeri 17 Surabaya. Pengabdian pada masyarakat secara garis besar meliputi 3 kegiatan yaitu Pendataan peserta, penyampaian materi oleh tentor yaitu dosen, dan pendampingan praktek pembuatan sabun oleh mahasiswa. Kegiatan pelatihan ini berlangsung sehari dan dihadiri oleh 20 peserta . Praktek pembuatan sabun ini berjalan dengan lancar dan salah satu kelompok peserta sabun yang dibuat tidak berhasil

Keywords

Pelatihan; Sabun; Transparan; SMA

Full Text:

PDF

References

Hambali, E., A. Suryani., M. Rivai. (2005). Membuat Sabun Transparan untuk Gift dan Kecantikan. Jakarta. Penebar Swadaya.

Hambali, E., Tatit, K.B., Ani, S., Giri, A.K. (2005a). Aplikasi Dietanolamida dari Asam Laurat Minyak Inti Sawit pada Pembuatan Sabun Transparan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Vol 15 (2): 46-52.

Yuniarti, R., Sumantri, Y., Azlia, W., Hamdala, I. (2016). IbM Pelatihan Pembuatan Sabun yang Ramah Lingkungan pada Panti Asuhan Al Husna untuk Meningkatkan Keterampilan. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat, Teknik Industri, Universitas Brawijaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.