Pengaruh Bahan Bakar LPG Sistem Manifold Injeksi Terhadap Performa Single Cylinder Spark Ignition Engine

Rizal Mahmud, Nasrul Ilminnafik, Apip Amrullah, Achmad Aminudin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya. Konversi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas jenis LPG (Liquified Petroleum Gas) dengan menggunakan sistem injeksi tipe 1. Sistem injeksi tipe I atau disebut dengan manifold injection merupakan desain injeksi yang paling sederhana pengganti sistem karburator, dimana sistem ini diharapkan mampu memperbaiki pasokan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Torsi dan daya mesin diperoleh dengan menggunakan peralatan chasis dynamometer. Bahan bakar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan bahan bakar minyak jensi premium dan bahan bakar gas jenis LPG. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan bakar LPG injeksi tipe 1, terjadi penurunan torsi, daya mesin, dan spesifik konsumsi bahan bakar pada single cylinder spark ignition. Akan tetapi efisiensi thermal meningkat sebesar 6,38% dibandingkan dengan bahan bakar premium.


Full Text:

PDF

References


R. Mahmud, R. et al., “Komparasi Penggunaan Bahan Bakar Premium Dengan Bahan Bakar Lpg Sistem Manifold Injeksi Terhadap Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor 4 Langkah”. Jurnal Integrasi. 7 (1): 45-49. 2015.

N. Romadhoni, “Studi Komparasi Performa Mesin Dan Kadar Emisi Gas Buang Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Bensin Dan Lpg”, Skripsi Spd, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 2012.

B. Erkus et al., “A Comparative Of Carburation And Injection Fuel Supply Methods In An Lpg-Fuelled Si Engine” Fuel, Vol.107, Hal.511-517. 2013.

A. Sulaiman et al., “Performance Of Singgle Cylinder Spark Ignition Engine Fueled By Lpg” Procedia Enginering, Vol.53, Hal.579-585. 2013.

S. D. Kawano, 2011, “Pencemaran Udara”, Its. Press, Surabaya. 2011.

D. Migas, 2006, “Standard Dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin Yang Dipasarkan Dalam Negeri, Keputusan Direktur Jendral Minyak Dan Gas Bumi”, Jakarta. 2006.

Robert, Bosch Gmbth, 2006, “Gasoline-Engine Management”, John Wiley, England. 2006.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jmesi.2021.v1i1.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.