Upaya Peningkatan Kemudahan Pemilihan Lokasi Kampus bagi Calon Mahasiswa Universitas Gunadarma melalui Aplikasi UG Zonasi

Ahmad Hidayat, Farida Amalya, Witta Listiya Ningrum

Abstract

Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki 24 lokasi kampus dan tersebar di wilayah Depok, Bekasi, Jakarta dan Tangerang. Setiap tahunnya, Universitas Gunadarma membuka pendaftaran umum bagi calon mahasiswa. Pada tahap pendaftaran calon mahasiswa baru, terdapat keluhan yang disampaikan dari sebagian besar calon mahasiswa maupun orang tua peserta tidak mengetahui posisi lokasi kampus Universitas Gunadarma mana yang ingin dituju. Calon mahasiswa yang akan mendaftar di Universitas Gunadarma, membutuhkan data rekomendasi kampus mana yang baiknya dipilih berdasarkan jarak terdekat dengan lokasi tempat tinggal. Pada pengabdian masyarakat ini tim pelaksana membuatkan aplikasi berbasis web dalam bentuk sistem informasi geografis dan sistem rekomendasi penghitungan jarak garis lurus dari tempat tinggal calon mahasiswa ke seluruh lokasi kampus Universitas Gunadarma di Jabodetabek. Upaya ini dilakukan untuk menjembatani antara calon mahasiswa dengan Universitas Gunadarma sebagai penunjang kebutuhan dari keduanya. Tahapan yang dilakukan dalam proses pembuatan aplikasi menggunakan model Extreme Programming (XP), dan menghasilkan aplikasi berbasis web serta dilakukan implementasi langsung.

Full Text:

PDF

References

Andika Rheza, dkk., (2021). Perancangan Aplikasi Smart Zonasi Berbasis Location Based Services (LBS) SMAN di Kota Depok. Proceedings of Smart Advancement on Engineering and Applied Science di Universitas Muhammadiyah Purwokerto 31 Oktober 2021 : 127-133.

Azis, Sholechul. (2013). Gampang dan Gratis Membuat Website Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Ependi, Usman. Qoriani Widayati. (2014). Extreme Programming Study Method Case Study on Designing of Accounting Term Dictionary. International Conference on Engineering & Technology Development 2014. hh. 52- 55

Muin, Asrul Azhari, dkk., (2020). Implementasi Formula Haversine Pada Sistem Informasi Guru Mengaji Private. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Volume6, No. 2, September 2020, ISSN: 2442-451X, pp. 60-66.

Murad, D. F., Kusniawati, N., & Asyanto, A., (2013). Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan Paud Pada Himpaudi Kota Tangerang. CCIT Journal, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.33050/ccit.v7i1.168

Novelan M Syahputra, (2022). Penerapan GIS (Geographic Information Sistem) Penunjuk Arah Lokasi Sekolah Terdekat Menggunakan Metode Haversine. Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi Vol. 2 No.1 (2022) 01-05.

Prabowo Mey. (2020), Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. LP2M Press IAIN, Salatiga.

R. S. Pressman and B. Maxim, (2014). Software Engineering : A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill Education.

Razaq, Jefri Alfa dan Jananto, Arief, (2014). Sistem Informasi Publik Layanan Kesehatan

menggunakan Metode Location Based Service di Kota Semarang. Jurnal Teknologi

Informasi DINAMIK Volume 19, No.1, Januari 2014, ISSN: 0854-9524, pp. 59-67.

Riswan Abidin. (2016), Pengertian Location Based Services (LBS) dan Komponennya. URL: https://teknojurnal.com/pengertian-location-based-services-lbs-dan-komponennya.

Triandini, E., & Suardika, I. G., (2012). Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Penerbit Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.