Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal ADIPATI: Pengabdian kepada Masyarakat dan Aplikasi Teknologi?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Format Naskah

¬Ľ¬†Template Naskah Jurnal ADIPATI

Gunakan template yang sudah tersedia pada laman Jurnal ADIPATI, atau unduh template di sini.Template naskah disediakan dalam format .DOCX (Microsoft Word 2007-365). Terdapat pilihan style pada template guna memudahkan Penulis dalam memformat tulisannya.

Kelengkapan METADATA saat Pengiriman

Pastikan Penulis melengkapi metadata saat melakukan pengiriman naskah melalui web sesuai dengan data pada naskah, antara lain:

  • Penulis (pastikan semua penulis telah ditambahkan)
  • Afiliasi atau organisasi asal penulis
  • Alamat Email
  • No. HP/WA untuk memudahkan korespondensi redaksi dan penulis
  • Judul naskah
  • Abstrak
  • Kata kunci (menggunakan pemisah TITIK KOMA, bukan koma)
  • Daftar Pustaka
Apabila Penulis diharuskan untuk melakukan perubahan naskah, Penulis hendaknya memutakhirkan kembali, mencocokkan metadata yang ada pada web dengan informasi dan data pada naskah.

Abstrak

Pastikan naskah mengandung abstrak dual-bahasa (Inggris dan Indonesia). Tulis abstrak yang merepresentasikan isi naskah terdiri dari 100 - 150 kata. Jenis font yang digunakan pada bagian abstrak adalah Garamond 10pt.

Sertakan kata kunci pada bagian akhir abstrak yang dipisahkan dengan tanda koma "," menggunakan penulisan lowercase untuk tiap-tiap kata kunci. 

Ketentuan Umum Penulisan

Ketentuan-ketentuan umum penulisan dijabarkan sebagai berikut.

  • Judul artikel ditulis menggunakan format Title Case, bukan UPPERCASE.
  • Judul subbab ditulis menggunakan format UPPERCASE.
  • Judul sub-subbab ditulis menggunakan format Title Case.
  • Seluruh paragraf, baris pertama menjorok ke kanan sejauh 1,16 cm; ditulis 1 spasi. Begitu pula dengan paragraf-paragraf pada subbab lainnya.
  • Jumlah halaman yang diperkenankan dalam naskah adalah sebanyak 6 s.d. 8 halaman.
  • Ukuran kertas menggunakan A4 yang diset mirrored margins dengan ukuran margin top, bottom, inside, dan outside masing-masing 3 cm; 2,5 cm; 2,25 cm; dan 2 cm.¬†
  • Font untuk konten/teks yang digunakan pada naskah adalah Garamond 11 pt. Agar dapat memperkirakan jumlah halaman naskah, Redaksi menyarankan Penulis untuk mengunduh font yang dibutuhkan.
  • Naskah artikel ditulis sesuai template berikut ini.

Referensi

Gaya penulisan referensi yang digunakan di Jurnal ADIPATI adalah gaya American Psychological Association (APA). Penulis WAJIB menggunakan aplikasi bantu manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, atau yang sejenis. Daftar referensi pada bagian Daftar Pustaka harus ditulis urut abjad (A-Z), dengan jumlah minimal 5 (lima) referensi. Hindari menggunakan blog sebagai sumber referensi. Gunakan situs web resmi apabila dibutuhkan, misal aturan perundangan yang bisa diperoleh dari situs web pemerintah, data statistik dari Badan Pusat Statistik, atau lainnya. Penulis sangat disarankan untuk menggunakan referensi yang terbit setidaknya 10 tahun terakhir.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Sebelumnya, naskah belum pernah dipublikasikan di manapun.
  2. Naskah terdiri dari 6-8 halaman.
  3. File naskah berupa dokumen Microsoft Word (DOCX) yang ditulis sesuai dengan template yang telah disediakan.
  4. Referensi berjumlah minimal 5 atau lebih. Jika memungkinkan, URL referensi (terutama yang tertaut ke sistem DOI) hendaknya disertakan.
  5. Naskah telah mengikuti gaya selingkung/sitasi dan model referensi sebagaimana yang tercantum dalam Author Guidelines, Pedoman Penulisan, dan atau template.
  6. Naskah WAJIB menggunakan alat bantu sitasi seperti software Mendeley, Zotero, atau lainnya yang sejenis.
 

Privacy Statement

Nama, alamat email, afiliasi, dan alamat yang digunakan untuk mendaftar pada jurnal ADIPATI hanya akan digunakan untuk keperluan administratif jurnal ADIPATI. Data tersebut tidak akan disebarluaskan untuk kepentingan lain di luar keperluan publikasi atau kepada pihak lain yang tidak berkepentingan.