Implementasi Sistem Informasi Terpadu sebagai Sarana Optimalisasi Pengelolaan Santri dan Siswa untuk Sekolah Berbasis Pesantren (SBP) di Ponpes Nuruttauhid

Eka Mistiko Rini, Dianni Yusuf, Endi Sailul Haq, Farisqi Panduardi

Abstract

Sekolah Berbasis Pondok Pesantren (SBP) Nuruttauhid mengintegrasikan sistem sekolah formal dan pendidikan pesantren pada jenjang SMP. Pengelolaan administrasi santri dan siswa masih dilakukan secara manual, terutama pada pendaftaran dan pembayaran sehingga menimbulkan ketidakefisienan, keterlambatan, dan kesalahan data. Mitra juga mengalami kesulitan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi administrasi, serta belum memiliki sarana digital untuk menyampaikan branding dalam rangka meningkatkan citra dan daya tarik pesantren. Sebagai solusi, diusulkan implementasi sistem informasi terpadu untuk mengoptimalkan pengelolaan santri dan siswa di SBP Nuruttauhid. Sistem ini mencakup fitur utama berupa pendaftaran online, pencatatan administrasi pembayaran biaya pondok dan sekolah, serta pengembangan web profil pesantren. Penerapan sistem ini meningkatkan kecepatan, akurasi, dan transparansi administrasi, serta memudahkan akses informasi bagi pihak pesantren dan orang tua. Target luaran program meliputi sistem informasi yang siap digunakan dan pelatihan penggunaan sistem. Program meliputi analisis kebutuhan, pengembangan, uji coba, pelatihan, dan monitoring. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan efisiensi operasional dengan kepuasan pengguna rata-rata 4,16 dan efektivitas informasi publik 4,54 (Sangat Baik). Implementasi ini diharapkan memperkuat citra pesantren berbasis teknologi dan menjadi model bagi lembaga serupa.

Keywords

Branding pesantren digital; Digitalisasi pesantren; Pendaftaran online santri; Sekolah berbasis pondok pesantren; Sistem informasi terpadu

Full Text:

PDF

References

Saihu and B. Rohman, “Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 02, pp. 435-452, 2019.

A. Hermanto, A. Zainuddin and N. Aini., “Strategi Branding SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Dalam Membangun Citra Program Unggulan,” Al-Abshor : Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 4, pp. 292-303, 2024.

M. A. Haris, “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5.0 (Peluang Dan Tantangannya Di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu),” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1, no. 4, pp. 49-64, 2023.

N. Hidayati, “Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Strategi Digital Marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya,” JKPI, , vol. 11, no. 1, p. 111–133, 2021.

M. Z. A. Fajri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Santri Pada Pondok Pesantren Qiroatul Qur’an Bungo,” Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering, vol. 1, no. 1, 2021.

A. Muhajirin, M. Mukhlis and F. Sinlae, “Sistem Informasi Penerimaan Santri Baru Terintegrasi Pada Pondok Pesantren Berbasis Website,” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 6, no. 4, p. 2502–2507, 2025.

N. Syafitri, D. Suryani, M. Fadhilla and A. Baskara, “Pemanfaatan Sistem Informasi Pengelolaan Pembayaran Uang Sekolah untuk Peningkatan Layanan Pendidikan di SMK Migas Teknologi Riau.,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, pp. 28-39, 2024.

L. Badriyah and N. Khafidhoh, “Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Pondok Pesantren As-Sa’idiyyah 1 Bahrul Ulum Berbasis Website,” Nusantara of Engineering (NOE) https://doi.org/10.29407/noe.v6i2.21094, vol. 6, no. 2, p. 118–123, 2023.

E. Sutrisnaniati, Junainah, Widiayati, Azainil and Sudarman, “Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) , vol. 5, no. 4, pp. 537-546 , 2024.

M. d. Ayatullah, E. m. Rin, G. H. Wibowo, Subono and D. Suwardiyanto, “Penerapan Web Company Profile sebagai Media Informasi untuk Meningkatkan Awareness Masyarakat di Desa Karangbendo,” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 16, no. 2, pp. 359-365, 2025.

A. K. Pangestuti, I. Zulaeha and N. Haryati, “The Implementation of Experiential Model of Exploring the Surroundings in Learning to Write Poetry based on Students' Learning Motivation,” Journal of Educational Research and Evaluation, vol. 11, no. 2, pp. 128-137, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.