Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi bagi Guru di SDN Oebobo 1 dan SDN Oebobo 2 Kota Kupang
Abstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu para guru sekolah dasar di SDN Oebobo 1 dan SDN Oebobo 2 Kota Kupang membuat media pembelajaran matematika berbasis komputer dengan software yang sering dijumpai, yaitu Microsoft PowerPoint dan membuat soal tes dengan menggunakan Quizizz. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik. Pemberian materi I yaitu terkait dengan peran media teknologi dalam pembelajaran matematika SD. Pemberian materi II terkait dengan pelatihan Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran matematika. Pemberian materi III terkait dengan pelatihan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran. Pada akhir kegiatan PKM, diberikan Google Form untuk mengevaluasi kegiatan PKM yang diberikan. Hasil evaluasi yang diperoleh adalah 93,75% peserta merasa sangat puas, 6,25% peserta merasa puas dan tidak ada peserta yang merasa kurang puas atau tidak puas. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan PKM sudah berjalan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Q. Fredlina, G. A. M. Putri, and N. L. P. N. Astawa, “Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/20388/
S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, and U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
W. S. Dominikus, C. K. Ekowati, S. S. Garak, I. H. E. Rimo, and F. A. Halim, “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Dan Teknologi Bagi Guru-Guru Di Sd Inpres Adobala Dan Sd Inpres Pepakkelu,” J. Nas. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 2, pp. 229–236, 2024, [Online]. Available: https://journal.jis-institute.org/index.php/jnpm/article/view/2227
C. K. Ekowati, S. S. Garak, A. Madu, I. H. E. Rimo, and F. A. Halim, “Canva Learning Media Development Workshop for Teachers of SMPK Adisucipto Penfui Kupang Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Canva bagi Guru-guru SMPK Adisucipto Penfui Kupang,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 6, pp. 1718–1724, 2024, [Online]. Available: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/20963
N. Hasanah, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 34–41, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm
N. Haliza, V. Hajari, U. Amirah Khairi, M. Dimas Jayadi, and M. Kom, “Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Yang Menjadi Penunjang Dalam Bidang Pendidikan Dan Perusahaan,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 2803–2811, 2022.
S. N. Hikmah and S. Maskar, “Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint Pada Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 1, no. 1, pp. 15–19, 2020, doi: 10.33365/ji-mr.v1i1.215.
S. Nurfadhillah, A. R. Wahidah, G. Rahmah, F. Ramdhan, S. C. Maharani, and Tangerang Universitas Muhammadiyah, “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matmatika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah,” Ed. J. Edukasi dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 289–298, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
A. Paramita, Z. Niswati, and Z. Karyati, “Microsoft Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Audiovisual pada Taman Kanak-Kanak Fatahillah Lenteng Agung,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 3, p. 255, 2022, doi: 10.30998/jurnalpkm.v5i3.7017.
K. Khotimah, “PEMANFAATAN POWERPOINT TERINTEGRASI DENGAN I-SPRING PRESENTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ICT,” J. Eksoponen, vol. 9, no. 1, pp. 79–85, 2019.
Radeswandri, M. Berlian, M. Thahir, and R. Vebrianto, “Evaluasi pelaksanaan bimbingan teknis pemanfaatan teknologi informasi pada guru-guru sekolah dasar,” CARADDE J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2022.
I. L, “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1,” Eval. Dalam Proses Pembelajaran, vol. 9, no. 2, p. 344, 2019.
M. Ina, H. N. Fauzi, and R. Putri, “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya,” Bintang J. Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 244–257, 2020, doi: 10.30640/dewantara.v2i1.722.
R. Nengsih, R. Hikmah, and L. S. Astuti, “Pelatihan Penggunaan Edpuzzle dalam Pembelajaran di Kelas,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 14, no. 2, pp. 381–387, 2023, doi: 10.26877/e-dimas.v14i2.12528.
Santy Handayani, Didik Nur Huda, and Siwi Puji Astuti, “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif,” J. Kabar Masy., vol. 1, no. 2, pp. 50–56, 2023, doi: 10.54066/jkb.v1i2.448.
A. W. Al Mawaddah, M. T. Hidayat, S. M. Amin, and S. Hartatik, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3109–3116, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1288.
A. Tiana, A. D. Sagita Krissandi, and M. Sarwi, “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika,” J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 06, pp. 943–952, 2021, doi: 10.59141/japendi.v2i06.189.
Refbacks
- There are currently no refbacks.