Transformasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Efektivitas Pelatihan Kreator Konten dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Nur Vidia Laksmi B., Sudirman Rizki Ariyanto, Susi Tri Umaroh, Ita Nurlita, Ayusta Lukita Wardani, Reza Rahmadian

Abstract

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan menghadapi tantangan untuk memenuhi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya SDG ke-4 yang menekankan akses pendidikan yang inklusif dan berkualitas. Transformasi pembelajaran melalui teknologi menjadi penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pengajaran. Namun, peran guru sebagai kreator konten yang efektif masih memerlukan perhatian khusus untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk memfasilitasi kebutuhan pelatihan untuk guru agar dapat menjadi kreator konten di SMP Labschool Unesa 2, tujuannya meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Metode PKM meliputi (1) pengetahuan tentang YouTube; (2) aplikasi VN - Video Editor & Maker; (3) strategi konten pembelajaran yang menarik; (4) etika, hak cipta, dan pelanggaran pada konten digital; serta (5) mempromosikan konten pembelajaran digital. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, dengan rerata peningkatan mencapai 20%. Peningkatan terbesar terjadi pada strategi konten pembelajaran yang menarik, mencerminkan efektivitas pelatihan dalam mempersiapkan guru untuk merancang konten yang edukatif dan interaktif. Kesimpulan menunjukkan bahwa pelatihan kreator konten berhasil meningkatkan keterampilan teknis dan pemahaman etika di kalangan guru, memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan profesional dan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Labschool Unesa 2.

Keywords

Kreator konten; Pelatihan; Pendidikan; Profesionalisme; Teknologi

Full Text:

PDF

References

UNDESA, “SDGs Report 2023,” 2023. [Online]. Available: https://unstats.un.org/sdgs/report/2023/

Y. Batliwala, Sdg4: Quality Education. A Legal Guide. London: Advocates for International Development (A4ID), 2022.

B. Trilling and C. Fadel, 21st century skills: learning for life in our times, 1st ed. San Francisco: Jossey-Bass, 2009. [Online]. Available: http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=7D2B90D16E8D4519C1A7CA2BCE129473

A. Marwati, A. Wahyudin, A. S. Utomo, N. Iza, and E. N. Halwa, “Mendukung Transformasi Digital melalui Penyusunan Program Studi Software Engineering,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 5, no. 3, p. 373, 2021, doi: 10.23887/jppp.v5i3.39242.

L. Retnawati, F. Pratama, T. Widiartin, N. W. Karyanto, and A. K. Adisusilo, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 5, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700.

E. Mahayati, F. A. Firmansyah, K. K. Atok, S. R. Ariyanto, and F. Rozi, “Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 10, no. 1, pp. 102–108, 2023.

A. N. Trisetiyanto, S. Widayati, and A. Pratama, “Pelatihan Content Creator Youtube untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah Satu Semarang,” Tematik, vol. 4, no. 1, p. 105, 2023, doi: 10.26623/tmt.v4i1.8216.

R. G. Siringoringo and M. Y. Alfaridzi, “Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital,” J. Yudistira Publ. Ris. Ilmu Pendidik. dan Bhs., vol. 2, no. 3, 2024, [Online]. Available: https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/854%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/download/854/918

R. Silvia, “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Konten Pembelajaran Video Youtube di Gugus Unique,” Pelatih. Dan Pendampingan Pembuatan Konten Video Youtube, vol. 5, pp. 1973–1988, 2022.

Kurniawati, Lenny Kurniati, Adi Nova Trisetyanto, and Banun Sri Haksasi, “Pelatihan Konten Kreator Media Pembelajaran Online Di SMK Yasiha Gubug,” J. Insa. Pendidik. dan Sos. Hum., vol. 1, no. 2, pp. 41–50, May 2023, doi: 10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.200.

Y. Fiandra, A. Budiman, Z. Ramdhan, P. Produksi, K. Kreatif, and S. Media, “Pelatihan Pembuatan Video Konten Kreasi Di Sosial Media Untuk Guru Dan Siswa Ma Yuppi,” DIMASTEK J. Pengabdi. Kpd. Masy. Berbas. Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2023.

S. R. Ariyanto and S. T. Umaroh, “Flipped Classroom: Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan Di Masa Pandemi COVID-19,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 2, pp. 515–521, May 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i2.2830.

Warju, S. R. Ariyanto, Soeryanto, R. S. Hidayatullah, and M. Nurtanto, “Practical Learning Innovation : Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education,” J. Educ. Sci. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 79–91, 2020.

Komarudin, Marji, E. Sutadji, and Widiyanti, “Increase the problem solving ability through improved prior knowledge,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1700, no. 1, p. 012043, Dec. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1700/1/012043.

F. P. Rachmavita, “Interactive media-based video animation and student learning motivation in mathematics,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1663, no. 1, p. 012040, Oct. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1663/1/012040.

R. A. AR, M. Murtafiah, and N. Mahmud, “Workshop Pengembangan Video Animasi Pembelajaran bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I, Kabupaten Polewali Mandar,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 7, no. 2, pp. 109–118, Nov. 2023, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2023.v7i2.2354.

S. M. AlNajdi, “The effectiveness of using augmented reality (AR) to enhance student performance: using quick response (QR) codes in student textbooks in the Saudi education system.,” Educ. Technol. Res. Dev., vol. 70, no. 3, pp. 1105–1124, 2022, doi: 10.1007/s11423-022-10100-4.

N. Noorathasia, M. Octavianti, and D. Rahmawan, “Strategi content marketing Sociolla pada situs web Beauty Journal,” Comdent Commun. Student J., vol. 1, no. 1, p. 75, Apr. 2023, doi: 10.24198/comdent.v1i1.45773.

D. P. Smith and N. J. Francis, “Engagement with video content in the blended classroom,” Essays Biochem., vol. 66, no. 1, pp. 5–10, Apr. 2022, doi: 10.1042/EBC20210055.

P. F. S. Indrapura and U. M. D. Fadli, “Analisis Strategi Digital Marketing di Perusahaan Cipta Grafika,” J. Econ., vol. 2, no. 8, pp. 1970–1978, Aug. 2023, doi: 10.55681/economina.v2i8.699.

M. R. Qisthiano and D. Pramana, “Menggapai Keunggulan Promosi di Era Digital: Kolaborasi Canva untuk Peningkatan Ekonomi Lokal,” Faedah J. Has. Kegiat. Pengabdi. …, vol. 1, no. 3, pp. 243–249, 2023, [Online]. Available: https://pbsi-upr.id/index.php/Faedah/article/view/296%0Ahttps://pbsi-upr.id/index.php/Faedah/article/download/296/238

F. B. Dewanto, M. H. P. Febrian, M. R. Amir, and I. F. A. Prawira, “Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan,” J. Maneksi, vol. 12, no. 4, pp. 709–715, Dec. 2023, doi: 10.31959/jm.v12i4.1900.

M. F. Alfajri, V. Adhiazni, and Q. Aini, “Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan,” Interak. J. Ilmu Komun., vol. 8, no. 1, p. 34, 2019, doi: 10.14710/interaksi.8.1.34-42.

C. Paramita, A. Amalia, and G. Trapsilo, “Pelatihan Video Editing Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Digital Di Era Industri 4.0 bagi Santri Panti Asuhan Kafalatul Yatama,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 2, p. 229, 2022, doi: 10.33633/ja.v5i2.602.

F. Mujahidin, “Efektivitas Pembelajaran Pelatihan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Learning Tournament dan Aplikasi Google Classroom,” J. Perspekt., vol. 14, no. 2, pp. 208–222, 2021, [Online]. Available: https://perspektif.bdkpalembang.id/index.php/perspektif/article/download/51/43/581

R. E. Cynthia and H. Sihotang, “Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, pp. 31712–31723, 2023.

E. Sandi, J. Bintoro, G. F. Romadan, and M. Iqbal, “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2022, 2022, vol. 2022, pp. 185–190.

M. V. M. P. U. S. Sianturi, “Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital,” J. Pendidik. Agama dan Teol., vol. 2, no. 1, p. 54, 2024.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot