Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital pada Pengelolaan Pemasaran dan Implementasi Ergonomi sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Ekonomi Digital di Rira Clothing Konveksi

Evi Yuliawati, Wiwik Widyo Widjajanti, Yustia Wulandari Mirzayanti, Syamsuri Syamsuri

Abstract

Mitra program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Rira Clothing Konveksi yang bergerak di bidang konveksi yang berfokus pada produksi gamis dan seragam kantor. Namun, dengan berkembangnya waktu, saat ini Mitra juga memproduksi pakaian anak perempuan dan big size. Urgensi dari kegiatan PKM ini adalah masa penjualan kedua produk yang hanya pada dua bulan sebelum hari raya. Sementara pada sepuluh bulan yang lain, jumlah order sangat terbatas. Selama ini, Mitra memasarkan produk hanya secara online, seperti melalui IG, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Namun, media tersebut belum bisa meningkatkan penjualan di sepuluh bulan secara optimal. Selain itu, pada saat observasi lapangan, diketahui bahwa terdapat fasilitas pendukung produksi yang menyebabkan pekerja kurang nyaman dalam melakukan aktivitas produksi. Melihat permasalahan yang dialami oleh Mitra, Tim Pelaksana PKM mencoba untuk meningkatkan produktivitas Mitra. Berdasarkan kesepakatan dengan Mitra, terdapat dua bidang utama yang menjadi fokus pada program PKM ini, yaitu pemasaran dan produksi. Tim PKM menawarkan solusi pada bidang pemasaran, yaitu merancang ruangan dan pengadaan fasilitas untuk promosi secara live pada semua media sosial yang dimiliki serta pelatihan terkait Online Marketing dan Digital Branding. Pada bidang produksi, Tim PKM akan mengimplementasikan konsep ergonomi pada fasilitas pendukung produksi, seperti meja dan kursi pada proses finishing/packing serta kursi untuk pekerja pada proses menjahit. Setelah program berjalan sekitar empat bulan, dapat dilihat bahwa produktivitas Mitra dalam bidang produksi meningkat, dengan menurunnya jumlah cacat produk sekitar 5%. Dalam bidang pemasaran, permintaan produk meningkat sekitar 10% seiring dengan meningkatnya frekuensi pemasaran melalui live streaming.

Keywords

Ergonomi; Pemasaran; Produksi; Quality control

Full Text:

PDF

References

S. N. Witriyanti, M. Mudhofar, I. P. Wijanarko, R. R. Sari, D. N. Wahyudianto, E. Yuliawati and Suparto, "Pendampingan Implementasi Media Belanja Online Aplikasi GoBiz pada Usaha Naisha Frozen Food," Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dan Aplikasi Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 21-27, 2023.

A. Mujahidin and I. Khoirianingrum, "The Analysis of Segmentation, Targeting, Positioning (STP) on Zakiyya House Bojonegoro," in Prosiding Seminar Nasional Unimus, Semarang, 2019.

D. Chaffey, Internet marketing : strategy, implementation and practice, Harlow England: Prentice Hall, 2009.

Safrizal and Muhajir, "Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma," Jurnal Manajemen dan Keuangan, vol. 5, no. 2, pp. 615-626, 2016.

N. U. Handayani and T. R. Triyani, "Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kain Grey dengan Metode Six Sigma pada Proses Weaving di PT. Tiga Manunggal," in Seminar Nasional IENACO-2017, Surakarta, 2017.

P. S. Lintangsari, E. Yuliawati and H. C. Suroso, "Designing a Tourism Minibus Driver Chair by Using IDEAS Framework in a Virtual Environment," Journal of Research and Technology, vol. 6, no. 2, pp. 237-249, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.