Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumberdadi dengan Pelatihan Hidroponik dan Pupuk Organik

Aldila Wanda Nugraha

Abstract


Pertanian  merupakan  potensi yang ada di Desa Sumberdadi. Mitra sasaran di Desa Sumberdadi adalah warga usia produktif  yang kurang memanfaatkan manajemen waktu dengan optimal.  Pemberdayaan masyarakat di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Tulungagung ini dilatarbelakangi masalah warga usia kerja yaitu waktu luang yang kurang produktif, rendahnya pemanfaatan lahan pekarangan sempit di rumah waga mitra, pengetahuan yang rendah tentang pola tanam hidroponik, serta minimnya pengetahuan mitra sasaran tentang produksi pupuk organik. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, pengetahuan serta produktivitas produk hidroponik dan pupuk organik. Target luaran dalam kegiatan ini adalah (1) meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan, kesadaran serta memotivasi mitra sasaran khususnya kelompok ibu-ibu dalam pemanfaatan lahan  kosong/ pekarangan sebagai sumber pangan/ketahanan pangan dan sumber alternatif pendapatan keluarga; (2) instalasi teknik hidroponik sederhana dan pemeliharaannya yang dapat diterapkan oleh masyarakat; dan (3) mampu memproduksi pupuk organik untuk tanaman, khususnya hidroponik dan tanaman dengan metode konvensional lain. Metode partisipatif digunakan untuk melibatkan mitra secara aktif dalam pelaksanaan penerapan teknik hidroponik dan produksi pupuk organik. Hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, introduksi metode dan teknik instalasi hidroponik, pengetahuan alat dan bahan, dan cara produksi pupuk organik serta aplikasinya. Program pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan ini membantu mitra sasaran dalam menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan produktivitas mitra sasaran.


Keywords


Hidroponik; Pupuk organik; Pengabdian kepada masyarakat; Teknologi produksi

Full Text:

PDF

References


Andoko, A. 2008. Budidaya Padi Secara Organik. Jakarta: Penebar Swadaya

Ashari, S., dan Purwantini, T.B. (2012). Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Bogor: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Dwiratna, N.P.S., Widyasanti, A., dan Rahmah, D.M. (2016). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jurnal Aplikasi Untuk Masyarakat Dharmakarya, 5(1): 24-32.

Kharisma, R.S., dan Istiningsih. (2017). Ipteks bagi Masyarakat Taman Kanak-Kanak di Desa Kalitirto Kecamatan Berbah. JPP IPTEK, 1(1): 29-38.

Mega, W., Rizkillah, D., dan Irton. (2017). Ipteks bagi Masyarakat Produsen Tempurung Kelapa Desa Murangan. JPP IPTEK, 1(1): 39-46.

Roidah, I.S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal Bonorowo, 1(2): 43-50.

Sarwono, E., Sutarmin, A., Ruhama, U., Suwarni, L., dan Selviana. (2018). PKM Inovasi Teknologi Produksi Olahan Ikan Pada Poklahsar Desa Kuala Secapah. JPP IPTEK, 2(2): 27-34.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Diindeks oleh:

 Google ScholarGARUDA Garba Rujukan DigitalDimensions Logo  

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745