Penataan Administrasi Data Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nida Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Priza Pandunata, Oktalia Juwita, Aryo Prakoso

Abstract


Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) An-Nida berada di wilayah Desa Dukuhdempok, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Alamat tepatnya berada di Jl. Moch. Serueji No. 18 B, Wuluhan. Lokasi TPA An-Nida berada sejauh 32 km dari Universitas Jember. Di era digital saat ini, manajemen dan layanan TPA An-Nida masih konvensional. Di antaranya adalah pencatatan data santri, presensi, dan prestasi santri yang masih dikelola secara manual. Hal ini menyulitkan saat pencarian data santri. Terjadinya duplikasi data santri juga memungkinkan. Selain itu, TPA An-Nida masih belum memiliki sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Padahal, TIK ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan dan manajemen TPA serta dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran berbasis TIK bagi santri. Berdasarkan permasalahan tersebut, pada Progran Pengabdian Pemula (PPP) ini, dilakukan pembuatan aplikasi database untuk menampung data administrasi santri, data presensi dan prestasi santri, dokumentasi kegiatan TPA, serta data pengajar TPA. Pengadaan alat TIK berupa PC tablet untuk meningkatkan layanan dan manajemen TPA serta digunakan sebagai media pembelajaran bagi santri. Pelatihan pemakaian aplikasi database santri serta aplikasi media belajar santri berbasis TIK. Hasil dari kegiatan PPP ini adalah (1) Meningkatkan layanan pengelolaan TPA An-Nida dengan adanya aplikasi database santri yang terpusat untuk penyimpanan data santri, data keluar/masuk santri, prestasi santri, serta pengajar TPA, (2) Mendigitalkan dokumentasi kegiatan TPA yang tersusun rapi berupa portofolio TPA An-Nida. (3) Mengelola TPA dan pembelajaran menggunakan TIK, (4) Menulis artikel ilmiah dalam jurnal nasional, serta (5) Mendokumentasikan kegiatan PPP dalam bentuk video.


Keywords


Aplikasi; Basis data; Data terpusat; PC tablet; Teknologi informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Hidayat, A. (2017). Sistem Informasi Akademik Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) pada Al-Mukaramah Bandung. 1–20.

Muhajirin, Ratnawati, 2016. Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Iinformsi Dan Komunikasi Pada Taman Pengajian Al-Qur'an Nurul Muhammad Dan Miftahul Khair. Jurnal Inspiraton, Volume 6, Nomor 2, Hal. 165-172.

Muhajirin, & Ratnawati. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul Muhammad dan Miftahul Khair. Jurnal Inspiration, 6(2), 165–172.

Muntoha, Jamroni, & Jabbar, A. A. (2015). Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Masjid Arofah, Dusun Bandung dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 4(3), 155–160.

Rodahad, A., Khakim, A. K., Afandi, A., Utomo, B. A., & Rahman, K. N. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Data TKA, TPA Badko Kabupaten Bantul Berbasis Framework Codeigniter. Diambil dari http://jurnal.stmikelrahma.ac.id/assets/file/Anin%20Rodahad,%20Anis%20Khoirul%20Khakim,%20Arif%20Afandi,%20Bayu%20Ari%20Utomo,%20Kholid%20Nur%20Rahman_stmikelrahma.pdf

Usman. (2015). Implementasi Kebijakan Kementerian Agama Terhadap Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kabupaten Pasuruan. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 63–80.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Diindeks oleh:

 Google ScholarGARUDA Garba Rujukan Digital  

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745