Pelatihan Penggunaan E-learning Berbasis Media Sosial Edmodo bagi Guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya

Ahmad Hatip, Sucipto Sucipto, Windi Setiawan

Abstract


Berdasarkan uraian analisis situasi mitra/masyarakat binaan, kegiatan abdimas yang akan dilakukan adalah pelatihan penggunaan e-learning berbasis media sosial Edmodo bagi guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai bagaimana pembelajaran dengan pendekatan e-learning yang baik. Secara substantif, kegiatan abdimas tersebut memiliki relevansi dengan tujuan abdimas dosen Universitas Dr. Soetomo tahun 2018. Dengan kata lain, ada relevansi antara kebutuhan peningkatan kapasitas masyarakat di lingkungan Universitas Dr. Soetomo dengan sumber daya bidang keilmuan yang dimiliki oleh tim abdimas. Pilihan atas jenis kegiatan abdimas seperti ini menggambarkan semangat pengabdian masyarakat Universitas Dr. Soetomo yang ingin berkontribusi secara aktif dalam kegiatan program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (HDI) Indonesia secara berkelanjutan dengan cakupan seluruh wilayah di Indonesia. Salah satu target yang ingin dicapai adalah terjadinya perubahan sikap dan peningkatan keterampilan masyarakat mitra sehingga guru-guru SD Negeri  Mulyorejo I Surabaya bisa menggunakan fitur-fitur pada media sosial Edmodo dalam memperoleh informasi, mengembangkan ilmu pengetahuan, dan berinteraksi dengan guru dan siswa didiknya. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, pemutaran slide dan video, tanya jawab, dialog interaktif, curah pendapat, dan praktik kerja. Kegiatan abdimas secara keseluruhan dilaksanakan dalam rentang waktu 6 bulan (April–September 2018), mulai dari tahap perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan. Hasil abdimas dapat diketahui dari hasil evaluasi proses, produk, dan respon peserta terhadap pelaksanaan pelatihan yang dikumpulkan melalui angket kepuasan. Dalam proses pelaksanaan pelatihan, pada umumnya mitra memiliki kemauan dan minat yang besar untuk mengikuti pelatihan. 


Keywords


E-learning; Media sosial; Edmodo

Full Text:

PDF

References


Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. JIPTEK., VI(2).

Hidayat, W. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. EMarketer.Com, pp. 6–11. https://doi.org/10.3847/0004-637X/826/2/213

Indonesia, A. P. J. I. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Puskakom UI.

Mutia, I. (2013). KAJIAN PENERAPAN E-LEARNING DALAM PROSES, 6(4), 278–289.

Suriadhi, G. (2014). Pengembangan E-learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Singaraja. Journal Edutech, 2(1).

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Diindeks oleh:

 Google ScholarGARUDA Garba Rujukan DigitalDimensions Logo  

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745