Keseimbangan Bahasan Fiqih Muamalah Dan Akuntansi Syariah Bagi Siswa SMK N 20 Jakarta

Krisno Septyan, Wisnu Julianto

Abstract


Sekolah kejuruan diprogramkan oleh pemerintah untuk mencetak lulusan yang siap kerja, namun tujuan tersebut tidak hanya beriorientasi pada akhir tapi juga proses. Fiqih mumalah hadir untuk menjembatani hal tersebut dimana lulusan dapat menerapkan kerja dengan hasil gaji yang penuh berkah karena memiliki nuasa etika ketika meraih hasil tersebut. Selain itu fiqih muamalah juga dapat diterapkan dalam aktifitas sehari-hari. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman proses transaksi yang tidak bertentangan degngan prinsip syariah. Selain itu program ini juga menunjang penelitian yang telah dilaksanakan. Metode pelaksanaan program ini adalah memberikan materi fiqih mumalah dan materi laporan keuangan syariah yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Hasil dari program ini adalah mahasiswa mendapat pemahaman transaksi yang tidak bertentangan dengan syariah dan melihat antusias siswa terhadap kesadaran bermuamalah di masyarakat cukup besar, hal ini bisa mendorong capaian pembelajaran jurusan yaitu bertaqwa kepada Tuhan.

Keywords


Fiqih muamalah; Laporan keuangan; Lulusan

Full Text:

PDF

References


Byrne, M., & Flood, B. (2004). Exploring the conceptions of learning of accounting student. Accounting Education, 25-37.

Mahdavikhou, M., & Khotanlou, M. (2012). New Approarch to Teaching in Accounting “Introducing Islamic Ethics into Accounting Education. 46(1318-1322).

Meier, H. H., Kamath, R. R., & he, Y. (2010). Courses on Forensic and Fraud Exmanination in the Accounting Curriculum. Journal of Leadership, Accountability and Ethic, 25-33.

Mulawarman, A. D. (2008). Pensucian Pendidikan Akuntansi Episode Dua: Hiper View of Learning dan Implementasinya. Jurnal Telaah Ilmiah Akuntansi, 53-66.

Septyan, K., & Julianto, W. (2018). Model Pembelajaran Syariah di Jurusan Akuntansi. 6(15-24).

Tarmizi, E. (2016). Harta Haram Muamalat Kontemporer. Bogor: Berkat Mulia Insani.

Triyuwono, I. (2012). Akuntansi Syariah: Perspektif, Metodologi dan Teori. Jakarta: Rajawali Pers.

Triyuwono, I. (2013). [Makrifat] Metode Penelitian Kualitatif [Dan Kuantitatif] Untuk Pengembangan Disiplin Akuntansi. Manado: Universitas Sam Ratulangi.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745