Pelatihan Desain Grafis Menggunakan CorelDraw sebagai Tambahan Keterampilan Siswa SMK Negeri 7 Surabaya

Lynda Refnitasari, Hendra Wahyu Cahyaka, Nurmi Frida D.B.P., Muhammad Imaduddin

Abstract

Saat ini, pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib untuk dikuasai oleh setiap siswa di masing-masing sekolah. Akan tetapi, materi-materi yang didapatkan terkait mata pelajaran TIK ini sebatas pada pengenalan secara umum, seperti aplikasi Microsoft Office, yang terdiri atas Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Cukup jarang sekolah yang membekali siswanya dengan keterampilan desain grafis dalam proses pembelajaran TIK. Padahal, keterampilan di bidang desain grafis saat ini sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja, mulai dari percetakan, advertising, multimedia, maupun industri-industri kreatif lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu mitra, yaitu SMKN 7 Surabaya, dalam meningkatkan kemampuan siswa, khususnya terkait dengan penguasaan aplikasi CorelDraw untuk pembuatan desain grafis. Adapun pelatihan yang diberikan meliputi pengenalan fungsi dasar CorelDraw beserta tools yang ada di dalamnya. Selanjutnya, pelatihan juga meliputi praktik dalam pembuatan desain logo, curriculum vitae, dan poster. Di samping itu, modul pelatihan juga disediakan untuk memudahkan siswa dalam mempraktikkan setiap tahapan dalam desain grafis. Dari lembar evaluasi yang diisi oleh siswa, diperoleh hasil rata-rata bahwa lebih dari 75% siswa yang mengikuti pelatihan menyatakan bahwa teori yang disampaikan oleh pemateri mudah untuk dipahami dan modul yang diberikan mudah untuk dipraktikkan. Hal ini berdampak positif pada bertambahnya keterampilan siswa dalam mendesain logo, curriculum vitae, dan juga poster.

Keywords

CorelDraw; Desain grafis; Keterampilan siswa

Full Text:

PDF

References

Harianto, W dan Wiguna, AS. 2020. Pelatihan Corel Draw untuk Perangkat Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan. Jurnal Martabe, Vol. 3, No. 1.

Dwiningrum, S.I.A. 2012. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Pritandhari, M dan Wibawa FA. 2021. Pelatihan Desain Grafis CorelDraw Meningkatkan Kreativitas Karang Taruna Pemuda Mandiri Kelurahan Rejomulyo. Jurnal Sang Surya, Vol. 5, No. 1.

Ghozali, A. L. 2013. Bahan Ajar dan Modul Praktikum Desain Grafis. Indramayu: Program Studi Teknik Informatika Politeknik Indramayu.

Endah, Auliya. 2018. Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Pelatihan Corel Draw. Jurnal Pengabdian Dharma Bakti Vol.1, No. 2, Agustus 2018.

Sony. 2019. Pelatihan Desain Grafis dan Multimediadi Sekolah Menengah Kejuruhan Persatuan Guru Republik Indonesia Banyuputih Situbondo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), Vol. 4, No. 1.

Yanto, R., dkk. 2022. Pelatihan Aplikasi CorelDraw dalam Peningkatan Hardskill Siswa Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal Reswara, Vol. 3, No. 1.

Rini. 2017. Pelatihan Desain Grafis untuk Perangkat Desa dalam Rangka Peningkatan SDM di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang Vol. 2, Nomor 1.

Rini, Dodit. 2018. Pelatihan Desain Grafis dan Fotonovela untuk Warga Desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang. Jurnal Kumawula, Vol. 1, No. 3.

Tambunan, L., dkk. 2022. Kreativitas dan Inovasi Digital Bagi Masyarakat di Desa Buluh Apo. Jurnal Reswara, Vol. 3, No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.