Implementasi Website Profil UMKM NTZ Leather Sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran atau Promosi Produk Jaket Kulit di Kecamatan Candi, Sidoarjo

Hendro Nugroho, Suparjo Suparjo, Chrisna A.D., Linda A. Lestari

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah UMKM yang terkenal dengan produk olahan kulit. Daerah yang terkenal dengan olahan produk kulit berada di daerah kecamatan Candi. Olahan bahan dasar kulit bisa dijadikan dalam bentuk seperti jaket kulit, sepatu, tas, dompet, sandal, sabuk, dan lain-lain. Dampak pandemi COVID-19 selama dua tahun dan kebijakan pembatasan masyarakat atau disebut PPKM membuat UMKM mengalami kesulitan dalam pemasaran. Dengan permasalahan tersebut, UMKM, terutama di daerah Candi mengalami kebangkrutan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini mengambil studi kasus di UMKM NTZ Leather, Candi, Sidoarjo. Dampak COVID-19 membuat UMKM NTZ Leather harus bertahan hidup dengan cara menjual aset-aset yang dimiliki. Setelah pandemi COVID-19 mereda, UMKM NTZ Leather mencoba berproduksi lagi. Akan tetapi, penjualan aset yang dimiliki membuatnya tidak bisa berproduksi lagi dan sulit untuk memulai pemasaran lagi. Kegiatan PKM yang dilakukan adalah membantu UMKM NTZ Leather untuk berproduksi kembali dengan membelikan mesin jahit, seset, dan emboss. Untuk pemasaran, UMKM NTZ Leather dengan cara membuatkan website profil UMKM yang isinya berupa kontak dan alamat toko, produk yang dijual, dan lain-lain.

Keywords

Jaket kulit; UMKM; Pemasaran; PKM; Website

Full Text:

PDF

References

L. Muzdalifah, M. Novie, and S. Zaqiyah, “Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo,” pp. 2200–2208, 2020.

A. T. Penggunaan and K. Sidoarjo, “Pengaruh Pendidikan Terakhir, Skla Usaha dan Pelatihan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada UKM (Studi Empiris Terhadap UKM Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangi Kabupaten Sidoarjo),” vol. 2, no. 2, pp. 166–174, 2019.

P. Feby and E. Kawi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Membantu UMKM Kopi Rempah Desa Tista ( Redesta ) di Masa Pandemi,” vol. 6, pp. 79–86, 2022.

N. Kadek and I. Miranda, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Penunjang Kegiatan Pemasaran PT Sacco Indonesia atau Massimo Restaurant Sanur dalam PPKM di Wilayah Bali,” vol. 6, pp. 35–42, 2022.

A. P. Henriyan, F. M. Ardi, H. L. Putra, and M. R. Ridlo, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROYEK PADA PEMBUATAN WEBSITE PROFIL PERUSAHAAN PERCETAKAN,” pp. 94–101, 2018.

J. E. K. Kenneth E.Kendall, System Analysis And Design, 8th ed. Camden, New Jersey: Services, Inc, 2011.

D. W. Roth, Systems Analysis And Design. Amerika Serikat, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.