Peningkatan Pemasaran Produk UMK Aisyah Melalui Branding Produk dan Kemasan serta Melalui Penjualan Online

Febby Rahmatullah Masruchin, Ratnaningsih Sri Yustini, Naufal Abdillah, Natanel Dirgantara Putra Yuwono, Adi Prayogo

Abstract

UMK Aisyah merupakan usaha yang memproduksi olahan laut hasil tangkapan nelayan di Surabaya dan menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Surabaya. Mitra memiliki dua permasalahan, yaitu mitra tidak memiliki identitas produk atau usaha yang dapat menjadi ciri khas jika dibandingkan dengan usaha sejenis dan mitra melakukan penjualan secara langsung dan pasif menunggu pembeli datang di tempat wisata Pantai Lama Kenjeran Surabaya. Metode yang digunakan selama pelaksanaan kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelaksanaan yang dilakukan merupakan solusi yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yang terdiri dari pembuatan branding, media pemasaran, dan perizinan. Branding yang dilakukan adalah dengan membuat nama usaha dan produk mitra beserta logo produk dan usaha. Media pemasaran yang dibuat meliputi media pemasaran offline dan online. Pemasaran offline dilakukan menggunakan media pemasaran seperti banner, kartu nama, dan brosur. Sedangkan pemasaran online dilakukan menggunakan beberapa platform, yaitu media sosial dan marketplace. Perizinan yang dilakukan fokus pada perizinan usaha, yaitu NIB dan perizinan produk, yaitu PIRT 19 produk mitra. Kegiatan yang telah dilakukan memberikan tiga dampak positif bagi mitra, yaitu produk dan usaha semakin terkenal, peningkatan omzet, dan tercipta mitra pemasaran. Peningkatan omzet usaha mitra mencapai 42% pada bulan Agustus 2022 dibandingkan dengan bulan Maret 2022 sebelum kegiatan dilaksanakan. Saat ini, UMK Aisyah juga memiliki mitra penjualan, yaitu reseller yang membantu menjual produk melalui pemasaran online. Peningkatan usaha mitra yang sudah dicapai saat ini dapat mendukung 2 dari 5 bidang fokus pemerintah, yaitu pariwisata dan blue economy/kemaritiman.

Keywords

Branding; Maritim; Online; Pariwisata; Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Sutrisno, Edy, “Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMK dan Pariwisata,” Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Vol. 9, No. 1, Hal. 641-660, Mar.2021.

Novelino, Andry. (2021, Agustus 10). Nadiem Beberkan Lima Fokus Riset Nasional Titipan Jokowi [online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210810173654-20-678884/nadiem-beberkan-lima-fokus-riset-nasional-titipan-jokowi

Zaking, Saifan dan Bintang Pradewo. (2021, Desember 14). Kemendikbudristek Fokus Pengembangan Riset Arahan Presiden Jokowi [online]. Available: https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/14/12/2021/kemendikbudristek-fokus-pengembangan-riset-arahan-presiden-jokowi/

Karsono dkk, “Strategi Branding Dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 2, Hal. 869-880, 2021.

Yuliani, Rahma dan Widyakanti, “Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label pada UMKM,” Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, Vol. 2, No. 2, Hal. 71-76, Nov.2020.

Rahayu, Sri dkk, “Kajian Tentang Pemasaran Online UntukMeningkatkan Penjualan di Anne Kampers Pariaman,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5, No. 2, Hal. 2652-2660, Jun.2021.

Fahira, Keke Tamara dan Rozaq Muhammad Yasin, “Peningkatan Nilai Produk Melalui Perijinan PIRT, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing pada UMKM Sirup Parijoto,” Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Bagi Masyarakat, Vol. 11, No. 2, 2022.

Laraspati, Angga. (2021, November 4). Capai 5,92 Indeks Ekonomi jatim Diatas Rata-rata Nasional. Available: https://news.detik.com/berita/d-5796230/capai-592-indeks-ekonomi-jatim-di-atas-rata-rata-nasional

Taselan, Faishol. (2021, Agustus 15). Pertumbuhan Ekonomi Jatim Melesat. Available: https://mediaindonesia.com/nusantara/425580/laju-pertumbuhan-ekonomi-jatim-melesat

Kusnandar, Viva Budy dan Dimas Jarot Bayu. (2021, Oktober 22). Perekonomian Kota Surabaya Terbesar di Jawa Timur pada 2020. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/22/perekonomian-kota-surabaya-terbesar-di-jawa-timur-pada-2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.