Peningkatan Pengetahuan dan Keahlian Mahasiswa Papua Melalui Pelatihan Interpretasi dan Pengolahan Citra Satelit

Baigo Hamuna, Ervina Indrayani

Abstract


Pelatihan sangat penting karena peserta pelatihan akan memperoleh pengetahuan dalam bentuk teori dan melakukan praktek secara langsung. Selain itu, pelatihan akan menghasilkan perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian mahasiswa Papua dalam interpretasi dan pengolahan citra satelit, yang nantinya sangat bergunan dalam proses pengelolaan sumberdaya alam Papua. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah metode ceramah, praktek dan diskusi yang dilaksanakan selama dua hari (31 Agustus 2018 sampai 1 September 2018). Evaluasi pelatihan dilakukan menggunakan pre-test dan post-test. Berbagai motivasi peserta untuk mengikuti pelatihan ini antara lain peserta ingin mengetahui teknik pengolahan citra satelit, mengetahui teknik pembuatan peta, dan menambah keterampilan untuk diterapkan dalam skripsi. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pelatihan, dimana peningkatan pengetahuan peserta terlihat jelas dari nilai rata-rata keseluruhan pada saat post-test adalah 87,22 dibandingkan nilai rata-rata pada saat pre-test hanya 63,89. Peningkatan keterampilan dan keahlian peserta pelatihan antara lain keahlian menginterpretasi dan memetakan mangrove dengan metode klasifikasi supervised, penentuan indeks kerapatan mangrove dan teknik layout peta.

Keywords


Mahasiswa Papua; Pelatihan; Penerapan IPTEKS; Pengabdian Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hamuna, B., Sari, A. N., dan Megawati, R., (2018). Kondisi Hutan Mangrove di Kawasan Taman Wisata Alam Teluk Youtefa, Kota Jayapura. Majalah Ilmiah Biologi Biosfera: A Scientific Journal, 35(2), pp. 75–83.

Irianto, Y., (2001). Prinsip-Prinsi Dasar Manajemen Pelatihan. Surabaya: Insan Cendekia.

Kamil, M., (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kirkpatrick, D., (1994). Evaluating Training Programs. The Four Level. Berrett Koehler Publisher Inc.

Lillesand, T. M. and Kiefer, R. W., (2000). Remote Sensing and Image Interpretation. Four Edition. New York: John Wiley & Sons Inc.

Noor, I. H. M., (2011). Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), pp. 306–315.

Rowley, C., (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745