Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Bekasi

Elyza Martiarini, Asti Ramadhani Endah Lestari

Abstract


Belajar adalah perubahan yang terjadi akibat adanya suatu transfer ilmu dari seseorang yang dipandang berkompeten dalam bidang ilmunya. Belajar juga terjadi di dalam interaksi antara individu dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial, dimana proses tersebut diselenggarakan secara  interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan bahwa metode konvensional dan monoton yang masih melekat pada proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa, padahal guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik, serta model pembelajaran kooperatif yang akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa. Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan agar guru mampu mengembangkan kreativitas dengan menggunakan model belajar kooperatif Mind Mapping dan Insisde Outside Circle guna meningkatkan mutu Pendidikan khususnya di wilayah Kota Bekasi.


Keywords


Model pembelajaran kooperatif; Mind mapping; Inside outside circle

Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2004. Mind Map: Untuk Meningkatkan Kreatifitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.

Nurulhayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan, Fasilitator, wahana informasi dan komunikasi pendidikan taman kanak-kanak dan sekolah dasar, edisi 3 tahun 2002.

Richard, Jack C., & Rodgers, Theodore S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPP IPTEK - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

ISSN (daring): 2620-7745