Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pengabdian Kepada Masyarakat di Kota Bekasi
Abstract
Belajar adalah perubahan yang terjadi akibat adanya suatu transfer ilmu dari seseorang yang dipandang berkompeten dalam bidang ilmunya. Belajar juga terjadi di dalam interaksi antara individu dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial, dimana proses tersebut diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan bahwa metode konvensional dan monoton yang masih melekat pada proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa, padahal guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik, serta model pembelajaran kooperatif yang akan mempengaruhi keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa. Melalui kegiatan PKM ini, diharapkan agar guru mampu mengembangkan kreativitas dengan menggunakan model belajar kooperatif Mind Mapping dan Insisde Outside Circle guna meningkatkan mutu Pendidikan khususnya di wilayah Kota Bekasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Buzan, Tony. 2004. Mind Map: Untuk Meningkatkan Kreatifitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas, Jakarta: Grasindo.
Nurulhayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan, Fasilitator, wahana informasi dan komunikasi pendidikan taman kanak-kanak dan sekolah dasar, edisi 3 tahun 2002.
Richard, Jack C., & Rodgers, Theodore S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.