Analisis Faktor yang Mempengaruhi Continuance Intention pada Penggunaan Mobile Payment dengan Metode Structural Equation Modeling

Regita Ayu Cahyani Zulaikhah, Dr. Mudjahidin, ST. MT., Andre Parvian Aristio, S.Kom, M.Sc

Abstract

Saat ini, pengguna mobile payment di Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Hadirnya teknologi yang baru ini menghasilkan perspektif yang berbeda dari laki-laki maupun perempuan. Permasalahan yang ditemukan adalah apakah mobile payment platform berpengaruh pada continuance intention terhadap penggunaan layanan mobile payment berdasarkan model riset yang dibuat oleh Z. Shao, L. Zhang, X. Li dan Y. Guo. Berdasarkan model riset terdapat variabel moderasi gender dan variabel mediasi perceived risk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hubungan struktural pengaruh mobile payment platform terhadap penggunaan mobile payment dengan pertimbangan pengaruh variabel moderasi gender dan variabel mediasi perceived risk berdasarkan model riset, mendapatkan cara peningkatan variabel terukur pada model riset, (mobile payment platform, trust in the platform, gender dan perceived risk) yang bisa mempengaruhi penggunaan mobile payment serta mendapatkan variabel lain dalam model riset yang bisa mempengaruhi penggunaan mobile payment. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), dimana metode ini cocok untuk menampilkan korelasi dari tiap variabel yang diuji. Dalam pengambilan data, kuesioner diberikan kepada 1000 responden dengan gender yang berbeda. Dari hasil analisis diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna terhadap continuance intention pada layanan mobile payment di Indonesia secara signifikan, yakni reputation dengan nilai 8,72 pada perempuan dan 4,32 pada laki-laki, security dengan nilai 4,35 pada perempuan dan 2,82 pada laki-laki. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu perusahaan penyedia layanan mobile payment dalam mengidentifikasi faktor yang dapat dijadikan pertimbangan dalam pengembangan layanan mobile payment di masa mendatang.

Full Text:

Download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.