Algoritma Steganografi untuk Pengamanan Data Teks ke dalam Citra Digital Menggunakan XOR Sederhana

Muchamad Kurniawan, Siti Agustini

Abstract

Kerahasiaan data atau informasi merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dari seseorang yang tidak berhak atas data tersebut. Salah satu solusi untuk pengamann data adalah dengan steganografi. Steganografi merupakan ilmu untuk penyisipan informasi rahasia ke dalam pesan yang lain. Pada penelitian ini, konsep steganografi menggunakan pesan teks yang disembunyikan ke dalam suatu citra digital. Citra yang digunakan adalah citra dalam bentuk grayscale. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali dengan ukuran pesan teks yang berbeda-beda. Hasilnya, system steganografi berjalan dengan baik dimana semua pesan teks dapat dienkripsi dan didekripsi kembali. Running time akan semakin tinggi ketika ukuran pesan teks semakin besar dan begitu juga dengan nilai entropy sehingga tingkat keamanan dari proses steganografi ini semakin tinggi.
Kata Kunci: Steganografi, XOR, running time, entropy.

Full Text:

PDF

References

Bhattacharyya, S., P. Indu, and G. Sanyal,2013, Hiding Data in Text using ASCII Mapping Technology (AMT). International Journal of Computer Applications, 70(18).

Deepika dan Er. Jasdeep Singh Mann. 2017. Steganography System for Hiding Text and Images Using Improved LSB Method. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), Volume: 04 Issue: 02.

Hussein L., Ahmed A., Sinan A., Salam dan Jasim H., 2018. Hiding text in gray image using mapping technique. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1003 (2018) 012032 doi :10.1088/1742-6596/1003/1/012032 J. Phys.: Conf. Ser. 1003 012032.

Joshi, K., Yadav, K., Chawla, G. 2017. An Enhanced Method for Data Hiding using 2-Bit XOR in Image Steganography. International Journal of Engineering and Technology (IJET).

Sharma, V. dan Kumar, S. 2013. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, Volume 3, Issue 4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.