Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Aplikasi Simkari CMS Menggunakan Framework Cobit 5 Dengan Domain EDM Dan DSS (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara)

Nurul Saqa Aqmarina, Muh. Ilham Latief

Abstract

Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara menggunakan sumber daya teknologi informasi untuk mempermudah dalam melakukan aktivitas pelayanan kepada masyarakat . Untuk mengetahui sudah sejauh mana tata kelola teknologi informasi berjalan maka dilakukan pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola TI yang telah diterapkan . Simkari SIMKARI CMS merupakan aplikasi internal Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara yang digunakan untuk memasukan berkas perkara yang akan digunakan nantinya. Aplikasi Simkari SIMKARI CMS hanya digunakan oleh sebagian pegawai Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara. Tujuan dari dilakukannya pengukuran ini adalah untuk mengetahui sudah sampai dimanakah level kemampuan tata kelola TI yang telah diterapkan , sehingga dapat diberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan tersebut . Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method ,dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara . Dari hasil pengumpulan data berdasarkan framework COBIT 5 menyediakan panduan yang lengkap, pedoman yang komprehensif dalam membantu organisasi untuk mencapai efektivitas penggunaan TI. Tahap pertama pada penelitian ini adalah melakukan penilaian tingkat kapabilitas, kemudian memetakan governance objective, enterprise goals, IT Related Goals dan IT Process pada COBIT 5. Sehingga menghasilkan proses prioritas yaitu EDM04 dan DSS01 yang akan dianalisis dan dilakukan perancangan prosedur tata kelola TI dengan menggunakan COBIT 5. Pada penelitian ini juga merekomendasikan struktur organisasi sasaran sesuai dengan kebutuhan Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara.

Full Text:

Download

References

R. R. Suryono, D. Darwis, and S. I. Gunawan, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung),” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, p. 16, 2018, doi: 10.33365/jti.v12i1.38.

K. P. D. Dharmayanti, I. P. A. Swastika, and I. G. L. A. Raditya Putra, “Tata Kelola Sistem Informasi Sanken Menggunakan Framework COBIT 5,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 1, pp. 29–38, 2018, doi: 10.30812/matrik.v18i1.340.

Muhammad Agreindra Helmiawan, “Cobit 5 Untuk Manajemen Teknologi Informasi & Proses Bisnis Perusahaan,” no. June 2017, 2018.

S. De Haes, W. Van Grembergen, and R. S. Debreceny, “COBIT 5 and enterprise governance of information technology: Building blocks and research opportunities,” J. Inf. Syst., vol. 27, no. 1, pp. 307–324, 2013, doi: 10.2308/isys-50422.

P. Choudhary and N. R. Velaga, “Analisis struktur terdistribusi bersama dari indikator terkait kesehatan pada lansia berbasis rumah dengan fokus pada kesehatan subjektif ” no. Cobit 5, pp. 1–9, 2017.

F. Adikara and Sandfreni, “Optimalisasi Sumber Daya Teknologi Informasi Domain Edm 04.02 Pada Lembaga Pendidikan Dengan Menggunakan Framework Cobit 5,” J. Abdims, vol. 2, no. 2, pp. 18–26, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.