Penerapan Augmented Reality Pada Arcade Maze Game : A Way To Go Home

Muchamad Septian Ainul Yaqin

Abstract

Augmented  Reality  merupakan  suatu  upaya  untuk  menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR ini bukan merupakan sebuah teknologi baru, Teknologi ini telah ada yang mana sebelumnya diperkenalkan aplikasi Virtual Reality (VR) untuk pertama kalinya. Augmented Reality sendiri mengijinkan penggunanya untuk berinteraksi secara real-time dengan sistem. Game adalah salah satu implementasi dalam bidang komputer yang perkembangannya sangat pesat. Game juga merupakan sebuah sarana hiburan bagi semua orang apalagi pada saat pandemi ini semua pelajar – pelajar dari kalangan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan kegiatan belajar dari rumah masing – masing secara online atau disebut juga daring sehingga dari pelajar – pelajar tersebut banyak yang merasa jenuh akibat dari sistem belajar secara online. Sehingga didapatkan hasil penelitian dari permasalahan tersebut, terbentuklah sebuah Arcade Maze Game yang berjudul A Way To Go Home yaitu game mobile yang sederhana berbentuk labirin kemudian dintegerasikan dengan teknologi Augmented Reality ditambahkan juga metode Markerless Augmented Reality yang berguna untuk menampilkan objek 3D tanpa mencetak marker. Selain mendapatkan hiburan dan juga secara tidak langsung pemain dapat melatih imajinasi dan ketangkasan karena game berbentuk board labirin, bagaimana caranya agar pemain bisa sampai pada tujuan dengan menemukan jalan yang tepat dan terdapat tingkat  kesulitan yang telah di sediakan.

Kata Kunci: Augmented Reality, Arcade Maze Game

Full Text:

Download

References

Affan Mahtarami, E. E. (2012). Game Marble Maze Berbasis Augmented Reality. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Azuma, R. (1997). A Survey of augmented reality. Presence : Teleoperation and Virtual Environment, 6(4), 355-385.

Heru Vitono, H. N. (2016). Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus : Museum Kalimantan Barat). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi.

Louis George Lamonge, X. B. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Augmented Reality Permainan Tradisional Sulawesi Utara Dodorobe. E-Journal Teknik Informatika.

Risyan Arief Setyawan, A. D. (2016). Analisis Penggunaan Metode Marker Tracking Pada Augmented Reality Alat Musik Tradisional Jawa Tengah. Jurnal Simetris. Retrieved From Salamadian.

Dessy. (2018, Februari 21). Jenis Marker Augmented Reality. Retrieved from Augmented Reality Indonesia: https://augmentedrealityindonesia.com/jenis-marker-augmented-reality/

Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.