Peningkatan Kompetensi Guru melalui Program Widikuat dengan Metode Participatory Action Research (PAR)
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui program pelatihan WIDIKUAT (Kewirausahaan, Digitalisasi, Pengelolaan Keuangan, dan Pemberdayaan Wanita) dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Program ini dirancang untuk mengintegrasikan empat dimensi keterampilan penting guru, yaitu kemampuan berwirausaha, literasi digital, manajemen keuangan, serta kesetaraan dan pemberdayaan perempuan di lingkungan sekolah. Kegiatan dilaksanakan di Yayasan Insan Teladan Mranggen dengan melibatkan 15 orang guru dari berbagai jenjang pendidikan. Pelaksanaan kegiatan mengacu pada tahapan PAR yang meliputi planning, action, observation, dan reflection, dengan model pelatihan kolaboratif berbasis partisipasi aktif peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam empat aspek kompetensi utama, yaitu peningkatan kemampuan digital (41,9%), kewirausahaan (44,8%), pengelolaan keuangan (41,0%), dan pemberdayaan wanita (40,6%). Program WIDIKUAT terbukti mampu menumbuhkan semangat inovasi, kemandirian, dan kolaborasi antarguru dalam mengimplementasikan pembelajaran kontekstual berbasis teknologi dan ekonomi kreatif
Kata kunci: pelatihan, guru, kewirausahaan, digitalisasi, pengelolaan keuangan, pemberdayaan wanita, PAR
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, R., & Sari, D. P. (2023). Enhancing Teachers’ Digital Literacy Competence in the Era of Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 3(3), 244–255. https://doi.org/10.1016/j.jedutech.2023.03.008
Astuti, Y., & Nurhidayah, R. (2022). Peran Literasi Keuangan Guru dalam Mewujudkan Transparansi Pengelolaan Dana Sekolah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(1), 87–102. https://doi.org/10.18202/jamal.2022.13.1.007
Huda, N., Rachmawati, D., & Maimunah, S. (2022). Pemberdayaan Perempuan dan Kepemimpinan Inklusif di Sekolah Berbasis Komunitas. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 6(4), 331–345.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.
Kemmis, S. (2021). Participatory Action Research: Collaborative Inquiry for Social Change. Springer.
Mezirow, J. (2000). Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. Jossey-Bass.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Mulyadi, D., & Suharto, A. (2020). Implementasi Participatory Action Research (PAR) dalam Pengembangan Profesional Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 467–480. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.30025
OECD. (2022). Teaching in the Digital Era: Skills for 21st Century Educators. OECD Publishing.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Jakarta: OJK.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2024). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2024. Jakarta: OJK.
Prasetyo, H., Darmawan, I., & Suryani, R. (2020). Transformasi Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 33–47. https://doi.org/10.24832/jpk.v25i1.1076
Puspitasari, D. (2022). Pelatihan Digital Marketing bagi Guru Sekolah Dasar untuk Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Inovatif, 4(2), 145–156.
Riyanto, A., & Sutopo, H. (2022). The Role of Entrepreneurial Competence in School-Based Innovation. Cogent Education, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2045610
Santosa, A., & Rahayu, T. (2021). Tantangan Guru dalam Pembelajaran Digital di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 221–233.
Suryana, D. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 8(2), 123–137.
Wibowo, A., & Yuliana, S. (2023). Transformasi Kompetensi Guru melalui Pelatihan Digitalisasi dan Kolaborasi Berbasis Komunitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 8(6), 1032–1046.
Wulandari, M. (2023). Pemberdayaan Guru Perempuan melalui Pelatihan Keuangan dan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Berkelanjutan, 2(1), 77–89
Refbacks
- There are currently no refbacks.


