Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Remaja di Pondok An-Nur Tanggulangin Sidoarjo

Cholifah Cholifah, Choirun Nisak Aulina, Umi Khoirun Nisak

Abstract

Remaja merupakan kelompok rentan yang menghadapi berbagai risiko kesehatan akibat kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan deteksi dini. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja mengenai kesehatan umum, kesehatan reproduksi, dan kesehatan mental. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok An-Nur Tanggulangin, Sidoarjo, melalui serangkaian pelatihan dan pemeriksaan kesehatan yang terstruktur. Metode yang digunakan meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan kesehatan remaja, diikuti dengan persiapan metode, perekrutan peserta, edukasi teoretis, dan praktik langsung. Materi kesehatan yang disampaikan meliputi topik kesehatan umum, kesehatan reproduksi, dan kesejahteraan mental. Peserta juga dilatih untuk melakukan penilaian kesehatan dasar seperti tekanan darah, kadar hemoglobin, dan kadar glukosa. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa 47,62% peserta memiliki tekanan darah normal, 23,81% berada pada rentang pre-hipertensi, dan 28,57% menunjukkan tanda-tanda hipertensi tahap 1. Pemeriksaan hemoglobin menunjukkan bahwa 36,84% remaja memiliki kadar di bawah normal, sementara pemeriksaan glukosa menunjukkan semua hasil dalam batas normal. Hal ini menunjukkan pentingnya skrining dan edukasi dini untuk remaja. Program ini juga berhasil menghasilkan kader kesehatan remaja terlatih, mengembangkan media edukasi digital dan cetak, serta menghasilkan artikel ilmiah untuk publikasi. Partisipasi aktif dari institusi mitra dan remaja sangat berkontribusi pada keberhasilan program ini. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan literasi kesehatan tetapi juga memberdayakan remaja untuk menjadi agen perubahan di komunitas mereka. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang berkelanjutan dan dapat menjadi model untuk intervensi edukasi kesehatan serupa di komunitas remaja lainnya.

 

Kata kunci: kesehatan remaja, pemberdayaan masyarakat, edukasi kesehatan, kesehatan reproduksi, deteksi dini

Full Text:

PDF

References

Annah, I. (2023). Promosi Kesehatan Remaja. UNISMA PRESS.

Chakrabarty, M., Singh, A., Singh, S., & Chowdhury, S. (2023). Is the burden of anaemia among Indian adolescent women increasing? Evidence from Indian Demographic and Health Surveys (2015-21). PLOS Global Public Health, 3(9), e0002117. doi: 10.1371/journal.pgph.0002117

Chen, X., & Wang, Y. (2008). Tracking of blood pressure from childhood to adulthood: A systematic review and meta-regression analysis. Circulation, 117(25), 3171–3180. doi: 10.1161/CIRCULATIONAHA.107.730366

Duana, M., Ariani, D., & Melinda, M. (2023). Promosi Kesehatan Remaja Sehat Dengan Mental Yang Sehat. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 160–165. doi: 10.54951/comsep.v4i2.488

Flynn, J. T., Kaelber, D. C., Baker-Smith, C. M., Blowey, D., Carroll, A. E., Daniels, S. R., … SUBCOMMITTEE ON SCREENING AND MANAGEMENT OF HIGH BLOOD PRESSURE IN CHILDREN. (2017). Clinical Practice Guideline for Screening and Management of High Blood Pressure in Children and Adolescents. Pediatrics, 140(3), e20171904. doi: 10.1542/peds.2017-1904

Gillespie, B., Katageri, G., Salam, S., Ramadurg, U., Patil, S., Mhetri, J., … Anumba, D. (2023). Attention for and awareness of anemia in adolescents in Karnataka, India: A qualitative study. PLOS ONE, 18(4), e0283631. doi: 10.1371/journal.pone.0283631

Kayuningtyas, M., & Ismayani, I. (2020). Health Promoting School Program to Prevent Hypertension of Adolescents in Indonesia and Western. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(2), 228–237. doi: 10.20473/jpk.V8.I2.2020.228-237

Rahmawati, T. (2023). Penyuluhan Kesehatan Anemia pada Remaja dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Mencegah Kejadian Anemia. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(1), 186–194. doi: 10.36565/jak.v5i1.499

Sari, P., Herawati, D. M. D., Dhamayanti, M., & Hilmanto, D. (2022). Anemia among Adolescent Girls in West Java, Indonesia: Related Factors and Consequences on the Quality of Life. Nutrients, 14(18), 3777. doi: 10.3390/nu14183777

Seo, S., Van Orman, D., Beattie, M., Paxson, L., & Murray, J. (2023). Breaking down the silos: Student experience of transformative learning through interdisciplinary project-based learning (IPBL). Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 32, 100440. doi: 10.1016/j.jhlste.2023.100440

Suarjana, I. W. G. (2024). The role of health education in improving student health in Indonesian schools. Christian Journal for Global Health, 11(2). doi: 10.15566/cjgh.v11i2.346

Trista, N., Sofianita, N. I., & Fauziyah, A. (2024). Factors Contributing to the Blood Pressure of High School Students in Depok, West Java: Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Darah pada Remaja SMA di Depok, Jawa Barat. Amerta Nutrition, 8(3SP), 353–361. doi: 10.20473/amnt.v8i3SP.2024.353-361

Yani, D. I., Chua, J. Y. X., Wong, J. C. M., Pikkarainen, M., Goh, Y. S. S., & Shorey, S. (2025). Perceptions of Mental Health Challenges and Needs of Indonesian Adolescents: A Descriptive Qualitative Study. International Journal of Mental Health Nursing, 34(1), e13505. doi: 10.1111/inm.13505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.