Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Remaja di Pondok An-Nur Tanggulangin Sidoarjo
Abstract
Remaja merupakan kelompok rentan yang menghadapi berbagai risiko kesehatan akibat kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan deteksi dini. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja mengenai kesehatan umum, kesehatan reproduksi, dan kesehatan mental. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok An-Nur Tanggulangin, Sidoarjo, melalui serangkaian pelatihan dan pemeriksaan kesehatan yang terstruktur. Metode yang digunakan meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan kesehatan remaja, diikuti dengan persiapan metode, perekrutan peserta, edukasi teoretis, dan praktik langsung. Materi kesehatan yang disampaikan meliputi topik kesehatan umum, kesehatan reproduksi, dan kesejahteraan mental. Peserta juga dilatih untuk melakukan penilaian kesehatan dasar seperti tekanan darah, kadar hemoglobin, dan kadar glukosa. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa 47,62% peserta memiliki tekanan darah normal, 23,81% berada pada rentang pre-hipertensi, dan 28,57% menunjukkan tanda-tanda hipertensi tahap 1. Pemeriksaan hemoglobin menunjukkan bahwa 36,84% remaja memiliki kadar di bawah normal, sementara pemeriksaan glukosa menunjukkan semua hasil dalam batas normal. Hal ini menunjukkan pentingnya skrining dan edukasi dini untuk remaja. Program ini juga berhasil menghasilkan kader kesehatan remaja terlatih, mengembangkan media edukasi digital dan cetak, serta menghasilkan artikel ilmiah untuk publikasi. Partisipasi aktif dari institusi mitra dan remaja sangat berkontribusi pada keberhasilan program ini. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan literasi kesehatan tetapi juga memberdayakan remaja untuk menjadi agen perubahan di komunitas mereka. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak yang berkelanjutan dan dapat menjadi model untuk intervensi edukasi kesehatan serupa di komunitas remaja lainnya.
Kata kunci: kesehatan remaja, pemberdayaan masyarakat, edukasi kesehatan, kesehatan reproduksi, deteksi dini
Full Text:
PDFReferences
Annah, I. (2023). Promosi Kesehatan Remaja. UNISMA PRESS.
Chakrabarty, M., Singh, A., Singh, S., & Chowdhury, S. (2023). Is the burden of anaemia among Indian adolescent women increasing? Evidence from Indian Demographic and Health Surveys (2015-21). PLOS Global Public Health, 3(9), e0002117. doi: 10.1371/journal.pgph.0002117
Chen, X., & Wang, Y. (2008). Tracking of blood pressure from childhood to adulthood: A systematic review and meta-regression analysis. Circulation, 117(25), 3171–3180. doi: 10.1161/CIRCULATIONAHA.107.730366
Duana, M., Ariani, D., & Melinda, M. (2023). Promosi Kesehatan Remaja Sehat Dengan Mental Yang Sehat. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 160–165. doi: 10.54951/comsep.v4i2.488
Flynn, J. T., Kaelber, D. C., Baker-Smith, C. M., Blowey, D., Carroll, A. E., Daniels, S. R., … SUBCOMMITTEE ON SCREENING AND MANAGEMENT OF HIGH BLOOD PRESSURE IN CHILDREN. (2017). Clinical Practice Guideline for Screening and Management of High Blood Pressure in Children and Adolescents. Pediatrics, 140(3), e20171904. doi: 10.1542/peds.2017-1904
Gillespie, B., Katageri, G., Salam, S., Ramadurg, U., Patil, S., Mhetri, J., … Anumba, D. (2023). Attention for and awareness of anemia in adolescents in Karnataka, India: A qualitative study. PLOS ONE, 18(4), e0283631. doi: 10.1371/journal.pone.0283631
Kayuningtyas, M., & Ismayani, I. (2020). Health Promoting School Program to Prevent Hypertension of Adolescents in Indonesia and Western. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(2), 228–237. doi: 10.20473/jpk.V8.I2.2020.228-237
Rahmawati, T. (2023). Penyuluhan Kesehatan Anemia pada Remaja dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Mencegah Kejadian Anemia. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(1), 186–194. doi: 10.36565/jak.v5i1.499
Sari, P., Herawati, D. M. D., Dhamayanti, M., & Hilmanto, D. (2022). Anemia among Adolescent Girls in West Java, Indonesia: Related Factors and Consequences on the Quality of Life. Nutrients, 14(18), 3777. doi: 10.3390/nu14183777
Seo, S., Van Orman, D., Beattie, M., Paxson, L., & Murray, J. (2023). Breaking down the silos: Student experience of transformative learning through interdisciplinary project-based learning (IPBL). Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 32, 100440. doi: 10.1016/j.jhlste.2023.100440
Suarjana, I. W. G. (2024). The role of health education in improving student health in Indonesian schools. Christian Journal for Global Health, 11(2). doi: 10.15566/cjgh.v11i2.346
Trista, N., Sofianita, N. I., & Fauziyah, A. (2024). Factors Contributing to the Blood Pressure of High School Students in Depok, West Java: Faktor yang Mempengaruhi Tekanan Darah pada Remaja SMA di Depok, Jawa Barat. Amerta Nutrition, 8(3SP), 353–361. doi: 10.20473/amnt.v8i3SP.2024.353-361
Yani, D. I., Chua, J. Y. X., Wong, J. C. M., Pikkarainen, M., Goh, Y. S. S., & Shorey, S. (2025). Perceptions of Mental Health Challenges and Needs of Indonesian Adolescents: A Descriptive Qualitative Study. International Journal of Mental Health Nursing, 34(1), e13505. doi: 10.1111/inm.13505
Refbacks
- There are currently no refbacks.


