Penerapan Aplikasi Ms. Access untuk Peningkatan Kompetensi Akuntansi Siswa SMA di Surabaya

Diana Putri, Rudi Santoso, Mohammad Arifin, Evita Fardi Kusuma Dewi, Tony Soebijono

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akuntansi Siswa /i SAM di Surabaya. Hal ini merujuk pada adanya tuntutan transformasi dalam metode pembelajaran akuntansi, khususnya di jenjang pendidikan menengah. Penguasaan aplikasi berbasis teknologi informasi menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja dan pendidikan lanjutan. Artikel ini membahas pelaksanaan program pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Access bagi siswa/i SMA di Surabaya sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi teknis mereka dalam bidang akuntansi. Pelatihan dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif yang mencakup sesi teori, praktik langsung, penyusunan proyek database akuntansi sederhana, serta evaluasi berbasis indikator kinerja utama. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa, tercermin dari kenaikan rata-rata skor post-test sebesar 38%, keberhasilan tugas proyek oleh 87% peserta, serta respons positif dari siswa dan guru terhadap metode pelatihan. Selain itu, pelatihan mendorong lahirnya komunitas belajar baru dan inisiatif pengintegrasian materi ke dalam rencana pembelajaran oleh guru. Namun demikian, pelatihan masih menghadapi sejumlah keterbatasan seperti waktu pelaksanaan yang singkat dan keterbatasan infrastruktur. Oleh karena itu, direkomendasikan adanya pelatihan lanjutan bagi guru, penguatan sarana teknologi di sekolah, serta pengembangan modul lanjutan berbasis proyek. Secara keseluruhan, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi akuntansi siswa berbasis teknologi dan berpotensi direplikasi secara lebih luas sebagai strategi penguatan literasi digital dalam pendidikan akuntansi.

Full Text:

PDF

References

Ahluwalia, L., Anggarini, D. R., & Aldino, A. A. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK ISLAM ADILUWIH UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2210

Anggraeni, F., Debora, & Sutrisno, N. (2022). Pelatihan Accurate untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa di SMK Pelita IV. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakatn Dan Pengabdian, 02(3).

Bagheri, A., Alinezhad, A., & Sajadi, S. M. (2019). Gamification in higher education: Implications to improve entrepreneurship education. Proceedings of the European Conference on Games-Based Learning, 2019-October. https://doi.org/10.34190/GBL.19.062

Darman, R. A. (2017). MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS. Edik Informatika, 3(2). https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Dharmawati, Lubis, I., & Liza, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3751

Fahminnansih, F., Utami, E. F., & Erdiana, S. P. (2022). Mengenali Identitas Visual Institusi Pendidikan Desain di Indonesia: Sebuah Studi Komparatif. Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 4(1). https://doi.org/10.17509/edsence.v4i1.40687

Irmayanti, P. (2022). Pengaruh pengelolaan kelas dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 03 tanah putih Rokan Hilir. JURNAL TAFIDU, 1(1). https://doi.org/10.57113/jtf.v1i1.199

Kartika, D., Widianto, A., Hetika, & ... (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Siswa Akuntansi Menggunakan Aplikasi Accurate Versi 5 Di Smk Karya Bhakti Brebes. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5.

Kelen, Y. PK., Rema, Y. O., Kolloh, R. Y., Naat, V., Benolon, E. M., & Nule, S. Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Bagi Siswa SMPS St. Yosef Maubesi. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 85. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.330

Luisinha, F. D. C. G., & Armanu, R. (2020). The role of work motivation as a mediator on the influence of education-training and leadership style on employee performance. Management Science Letters, 10(7). https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.12.017

Manik, T. S., & Suharno, S. (2019). Tinjauan Reflektif Media Massa dalam Pendidikan Politik di Indonesia. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(1). https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i1.2095

Marín-Marín, J. A., López-Belmonte, J., Fernández-Campoy, J. M., & Romero-Rodríguez, J. M. (2019). Big data in education. A bibliometric review. Social Sciences, 8(8). https://doi.org/10.3390/socsci8080223

Marlinda, L., Supendar, H., Radiyah, U., Handayanna, F., Doing, L. B., & Dan, K. T. (2019). Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan. Jurnal Abdimas UBJ, 61–69.

Putri, S. Y. A., Asmeri, R., & Meriyani. (2023). Pelatihan Untuk Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dan Siswa SMK Jurusan Akuntansi Dalam Penggunaan Aplikasi Accurate Accounting Versi 5 di tingkat Nasional. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3). https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3217

Saeroji, A. (2014). Inovasi Media Pembelajaran Kearsipan Electronik Arsip (E-Arsip) Berbasis Microsoft Office Access: Vol. IX (Issue 2).

Salam, A., & Iqbal, T. (2020). IbM Pelatihan Microsoft Office Dalam Rangka Membentuk Masyarakat Yang Profesional. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i1.2

Santoso, R. (2022). Tinjauan Literatur Tentang Pendidikan, Disiplin, dan Kemampuan Kerja Mendorong Kinerja Karyawan. Jurnal Media Mahardika, 20(3), 524–533.

Santoso, R., & Erstiawan, M. S. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Kompetensi Keahlian Akuntansi & Keuangan Lembaga Menggunakan Microsoft Access. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2). https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.301-310

Sayidani, A., Gunawan, W. S., Muhammad, I., & Fuady, J. (2016). Perbandingan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK pada prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya, 39(2), 155–162.

Siregar, I. F. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Komputer Akuntansi Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Siswa SMK N 1 Tapung. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(3). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v2i3.311

Siswanto, H. (2021). PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN MAJENE. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 3(2). https://doi.org/10.47824/jme.v3i2.79

Sormin, M. A., Sahara, N., & Agustina, L. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) Dalam Kinerja Pengolahan Data Di Pemerintahan Desa Bagikepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i2.78-82

Sudjiono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Sulistyani, L., Lathifah, I., & Marsono, S. (2020). PELATIHAN AKUNTANSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA KECIL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PGRI DI SURAKARTA. WASANA NYATA, 4(1). https://doi.org/10.36587/wasananyata.v4i1.579

Sumantyo, F. D. S. (2020). Pendidikan Tinggi di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266

Suryani, D. (2015). Pengaruh motivasi kerja, prestasi belajar, dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di smk negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015. Skripsi, 1(2).

Syah, I. U., Sumirat, U., & Purnawan, P. (2017). Pencapaian Kompetensi Siswa SMK dalam Praktik Bekerja dengan Mesin Bubut. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(1). https://doi.org/10.17509/jmee.v4i1.7443

Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1). https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.240.2019

Yahya, A., Nurjanah, R., Nurastuti, P., & Riyanah, S. (2023). Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai Alat Ukur Kemampuan Akuntansi Siswa SMK Islam Darurrohman Sukawangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.55182/jpm.v3i3.284

Yatazaka, Y. (2014). Gender dan Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.289-306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.