Perancangan Perangkat Pembelajaran Internet of Things (IoT) dan Pengenalan Robotika Kepada Siswa Sekolah Menengah di Surakarta Sekitarnya
Abstract
Pemahaman dan keterampilan pada siswa sekolah menengah mengenai Internet of Things (IoT) dan teknologi robotika adalah hal yang penting untuk menjawab tantangan global. Melalui pengenalan IoT dan robotika, siswa mendapatkan kesempatan untuk merancang, membangun, dan memprogram perangkat IoT dan robot secara langsung. Tujuan program ini adalah untuk memperkenalkan siswa pada konsep dan penerapan teknologi serta membantu mereka mengembangkan keterampilan yang relevan untuk dunia kerja abad ke-21. Siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang IoT dan robotika, sehingga mereka lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin berkembang di era revolusi industri 4.0. Selain itu, mitra industri yang terlibat dalam program ini, CV Enuma Technology, akan mendapatkan manfaat dalam mengembangkan produk media pembelajaran yang dapat dikomersilikilkan di pasar secara lebih luas. Melalui program ini, mitra industri dapat meningkatkan kualitas produk yang dibutuhkan oleh konsumen serta meningkatkan daya saing di pasar teknologi yang terus berkembang.
Full Text:
PDFReferences
al Qardh, T., Jefry, A., Annisa Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. E-Journal.Iain-Palangkaraya.Ac.Id. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/qardh/article/view/1442
Efendi, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA “AGUS TRAINER” UNTUK PEMBELAJARAN ROBOTIKA. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.21107/EDUTIC.V5I1.4468
Fitri, A. Z. (2016). MENGURANGI GAP PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA KERJA Upaya Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia. Ejournal.Iain-Jember.Ac.Id. http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/edukasi/article/view/78
Gany, A. (2020). Pengembangan Teknologi IoT Melalui Metode Demonstrasi dan Ekperimen Bagi Siswa SMA X di Kota Bandung. Soeropati: Journal of Community Service, 2(2), 141-154.
Lall, P., Rees, R., Law, G. C. Y., Dunleavy, G., Cotič, Ž., & Car, J. (2019). Influences on the implementation of mobile learning for medical and nursing education: qualitative systematic review by the digital health education collaboration. Journal of medical Internet research, 21(2), e12895.
Lewis, J., Schneegans, S., & Straza, T. (2021). UNESCO Science Report: The race against time for smarter development. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ENozEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR8&dq=Schneegans%3B+Straza%3B+Lewis+(eds.).+Southeast+Asia+and+Oceania.+In+UNESCO+Science+Report:+the+Race+Against+Time+for+Smarter+Development.+Paris:+UNESCO.+pp.+674%E2%80%93715.+ISBN+978-92-3-100450-6.&ots=Zrd-8OMwut&sig=QyiyDwRNdHQJ3vK_KYP-7uD8tWs
Misra, G., Kumar, V., Agarwal, A., & Agarwal, K. (2016). Internet of things (iot)–a technological analysis and survey on vision, concepts, challenges, innovation directions, technologies, and applications (an upcoming or future generation computer communication system technology). American Journal of Electrical and Electronic Engineering, 4(1), 23-32.
Panel, G. G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, dan solusi bagi dunia pendidikan. Proceeding.Unindra.Ac.Id. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/viewFile/73/45
Philbeck, T., & Affairs, N. D. (2018). The fourth industrial revolution. Journal of International. https://www.jstor.org/stable/26588339
Shabdin, N. H., Abu, A., Mohamad, R. S., Selamat, A., Abdullah, M. S., Sulaiman, N. H. M., ... & Shabdin, M. K. (2020, September). Leading Higher Institutional Transformation: Empowering Community Educational Engagement (CEE) through Internet of Things (IoT). In International Conference on Student and Disable Student Development 2019 (ICoSD 2019) (pp. 191-194). Atlantis Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.