Pengembangan Produk UMKM Berkualitas dan Tersertifikasi Halal
Abstract
Dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia umumnya terdapat karakteristik konsumen yang menginginkan sesuatu yang memuaskan dan murah. Mie adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan di mana saja. Mie merupakan salah satu makanan pengganti karbohidrat yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Dalam perkembangannya, mie ayam merupakan salah satu olahan mie yang banyak disukai masyarakat. Bakmi ayam memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah dan standnya. Misalnya mie ayam wonogiri biasanya memiliki gerbong berwarna coklat, sedangkan mie ayam traveller biasanya memiliki gerbong berwarna biru. Perdebatan tentang mie ayam yang sering diadakan adalah masalah selera. Ada pengelompokan mie ayam dengan rasa manis, gurih, kari dan manis gurih. Masing-masing rasa ini memiliki penggemarnya. GMG Mie Ayam adalah salah satu produsen mie dalam jumlah besar dan menjadi salah satu pemasok mie untuk beberapa mie ayam. Oleh karena itu, UMKM harus memahami alur rantai pasok dan syarat kehalalan produk yang dikonsumsi konsumen. Tujuan dari kegiatan sosial ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pendampingan kepada UMKM dalam pengurusan sertifikat Jaminan Halal. Metode kegiatan ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi data UMKM terpilih. Kegiatan pendampingan dilakukan secara online dan offline.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. H., & Suleiman, N. (2018). Eleven shades of food integrity: A halal supply chain perspective. Trends in Food Science & Technology, 71, 216–224. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2017.11.016
Alqudsi, S. G. (2014). Awareness and Demand for 100% Halal Supply Chain Meat Products. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 167–178. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.021
Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I. R., Setiani, A., Supendi, Setyoko, P. I., Sosiady, M., & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153–160. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.10.012
Hidayati, J., Vamelia, R., Hammami, J., & Endri, E. (2023). Transparent distribution system design of halal beef supply chain. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 31–40. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.12.003
Istiqomah, S., Yuniaristanto, Sutopo, W. (2020). Recent Developments in City Logistics Research: A Literature Review. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 943 012038. DOI 10.1088/1757-899X/943/1/012038
Kadir, M. H. A., Rasi, R. Z. R. M., Omar, S. S., & Manap, Z. I. A. (2016). Halal Supply Chain Management Streamlined Practices: Issues and Challenges. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 160(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/160/1/012070
Khan, S., Khan, M. I., Haleem, A., & Jami, A. R. (2019). Prioritising the risks in Halal food supply chain: an MCDM approach. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2018-0206
Kurniawati, D. A., & Cakravastia, A. (2023). A review of halal supply chain research: Sustainability and operations research perspective. Cleaner Logistics and Supply Chain, 6, 100096. https://doi.org/10.1016/j.clscn.2023.100096
Kawuri, A. L., Sutopo W., Hisjam, M., Istiqomah, S. (2022). Lesson Learned in Developing and Implementation a Global Business Strategy in Agriculture Companies: A Comparative Study. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Istanbul, Turkey, March 7-10, 2022
Masudin, I., Rahmatullah, B. B., Agung, M. A., Dewanti, I. A., & Restuputri, D. P. (2022). Traceability System in Halal Procurement: A Bibliometric Review. Logistics, 6(4). https://doi.org/10.3390/logistics6040067
Salehudin, I. dan Mukhlish, B. (2012) Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan Di Lapangan. 293-305.
Refbacks
- There are currently no refbacks.