Pengembangan Produk UMKM Berkualitas dan Tersertifikasi Halal

Silvi Istiqomah, Perdana Suteja Putra, Betsyeda Frea Anuarita, Rahmalia Nurhalissa, Said Aziz Luthfiansyah

Abstract

Dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia umumnya terdapat karakteristik konsumen yang menginginkan sesuatu yang memuaskan dan murah. Mie adalah salah satu makanan yang mudah ditemukan di mana saja. Mie merupakan salah satu makanan pengganti karbohidrat yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Dalam perkembangannya, mie ayam merupakan salah satu olahan mie yang banyak disukai masyarakat. Bakmi ayam memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah dan standnya. Misalnya mie ayam wonogiri biasanya memiliki gerbong berwarna coklat, sedangkan mie ayam traveller biasanya memiliki gerbong berwarna biru. Perdebatan tentang mie ayam yang sering diadakan adalah masalah selera. Ada pengelompokan mie ayam dengan rasa manis, gurih, kari dan manis gurih. Masing-masing rasa ini memiliki penggemarnya. GMG Mie Ayam adalah salah satu produsen mie dalam jumlah besar dan menjadi salah satu pemasok mie untuk beberapa mie ayam. Oleh karena itu, UMKM harus memahami alur rantai pasok dan syarat kehalalan produk yang dikonsumsi konsumen. Tujuan dari kegiatan sosial ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pendampingan kepada UMKM dalam pengurusan sertifikat Jaminan Halal. Metode kegiatan ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi data UMKM terpilih. Kegiatan pendampingan dilakukan secara online dan offline.

Full Text:

PDF

References

Ali, M. H., & Suleiman, N. (2018). Eleven shades of food integrity: A halal supply chain perspective. Trends in Food Science & Technology, 71, 216–224. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2017.11.016

Alqudsi, S. G. (2014). Awareness and Demand for 100% Halal Supply Chain Meat Products. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 167–178. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.021

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I. R., Setiani, A., Supendi, Setyoko, P. I., Sosiady, M., & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153–160. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.10.012

Hidayati, J., Vamelia, R., Hammami, J., & Endri, E. (2023). Transparent distribution system design of halal beef supply chain. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 31–40. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.12.003

Istiqomah, S., Yuniaristanto, Sutopo, W. (2020). Recent Developments in City Logistics Research: A Literature Review. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 943 012038. DOI 10.1088/1757-899X/943/1/012038

Kadir, M. H. A., Rasi, R. Z. R. M., Omar, S. S., & Manap, Z. I. A. (2016). Halal Supply Chain Management Streamlined Practices: Issues and Challenges. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 160(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/160/1/012070

Khan, S., Khan, M. I., Haleem, A., & Jami, A. R. (2019). Prioritising the risks in Halal food supply chain: an MCDM approach. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2018-0206

Kurniawati, D. A., & Cakravastia, A. (2023). A review of halal supply chain research: Sustainability and operations research perspective. Cleaner Logistics and Supply Chain, 6, 100096. https://doi.org/10.1016/j.clscn.2023.100096

Kawuri, A. L., Sutopo W., Hisjam, M., Istiqomah, S. (2022). Lesson Learned in Developing and Implementation a Global Business Strategy in Agriculture Companies: A Comparative Study. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Istanbul, Turkey, March 7-10, 2022

Masudin, I., Rahmatullah, B. B., Agung, M. A., Dewanti, I. A., & Restuputri, D. P. (2022). Traceability System in Halal Procurement: A Bibliometric Review. Logistics, 6(4). https://doi.org/10.3390/logistics6040067

Salehudin, I. dan Mukhlish, B. (2012) Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan Di Lapangan. 293-305.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.