Pendampingan Anak-Anak dengan Program Sinau Bareng di Desa Pranti, Sedati, Sidoarjo
Manik Ayu Titisari, Amanda Hariyono, Siti Aminatus Sholichah, Windu Tri Indraswara
Abstract
Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diadakan oleh Universitas selain pendidikan dan penelitian yang bertujuan untuk mahasiswa dapat mengabdi dan menjalankan tugas kemasyarakatan serta menambah wawasan tentang kehidupan sosial. Dengan dilaksanakannya pengabdian ini di Desa Pranti dengan program “Sinau Bareng” yang menyesuaikan sasaran pada anak-anak SD/Mi kelas 1 hingga 6, diharapkan dapat membawa relasi antara perguruan tinggi dan masyarakat sekitarnya. Pada proses pengabdian ini, permasalahan pendidikan menjadi sasaran utama. Dalam rangka meningkatkan kualitas, maka proses pengembangan kelompok belajar perlu melibatkan orang tua untuk mendorong anak anaknya agar memahami materi yang diajarkan disekolah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut maka metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa pendampingan dan diskusi. Tentunya dengan model diskusi dalam konteks pengetahuan teori, sedangkan pendampingan dilakukan dalam bentuk aksi nyata pengabdian. Selain itu, diberikan berbagai model permainan guna mengemas upaya pelibatan mahasiswa KKN dengan cara yang menyenangkan.Hasil dalam pengabdian ini berupa capaian proses pelaksanan kegiatan selama satu bulan penuh sebagai upaya peningkatan kualitas pengembangan kelompok belajar yang melibatkan berbagai pihak. Kata Kunci : Pendidikan; Sinau Bareng; Pendampingan anak.
References
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak DiSekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771.
Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.803
Syardiansah. (2019) Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi KasusMahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional https://osf.io/preprints/inarxiv/p9bez/
Zainuddin Maliki. 2010. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.