Peningkatan Akselerasi Bisnis Industri Pangan Melalui Identifikasi Kekuatan Bisnis Produk di UMKM Binaan Telkom CDC

Dominggo Bayu Baskara, Silvi Istiqomah, Benazir Imam Arif Muttaqin, Ines Mulia Nurdiana, Reinardus Andoni Nasera Putra

Abstract

Kondisi saat ini semakin menantang bagi produsen bahan baku pangan, produk olahan pangan, serta distributor pangan untuk terus meningkatkan value bisnis yang dilakukan. Berbagai efisiensi dan upaya untuk meningkatkan efektivitas bisnis terus dilakukan. Tidak hanya pelaku industri besar, namun juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). PO. Tri Asta Pangan, PO. Ekamurti, dan PO. Sambal Ning Ita dengan produk andalan masing-masing yaitu “Kangen Susu Moo”, “Bumbu Kraton”, dan “Sambal Ning Ita” merupakan tiga mitra binaan CDC Telkom Divre 5 yang menjalin kemitraan dengan ITTelkom Surabaya. Untuk meningkatkan kapasitas dan akselerasi bisnis industri kecil di bidang pangan ketiga mitra tersebut, dilakukan pendataan, pemetaan, dan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada aspek/metrik kunci dari aktivitas bisnis perusahaan. Dari hasil pengukuran dan analisis, kekuatan terbesar ketiga mitra terletak pada inovasi produk, sehingga perlu dipertahankan Metrik-metrik lain seperti market, key partner, badan usaha, key resources, dan risiko berada dalam jalur yang tepat sehingga perlu ditingkatkan. Sedangkan kelemahan terbesar ketiga mitra terletak pada investasi. Ketiga mitra dirasa perlu penyusunan strategi yang lebih baik dalam menjaring calon investor. Sehingga bisnis dapat lebih berkembang secara signifikan.

Full Text:

PDF

References

UMN. (2015). Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 Tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Dwicahyani, A. R., & Muttaqin, B. I. A. (2020). Peningkatan Produktivitas IKM melalui Perbaikan Keseimbangan Lintasan Produksi (Studi Kasus: IKM Mebel di Solo). Jurnal SENOPATI : Sustainability, Ergonomics, Optimization, and Application of Industrial Engineering, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.31284/j.senopati.2020.v2i1.1166

Muttaqin, B. I. A., Asfari, U., Mardhiana, H., Shamaradewa, S. A., & Dawangga, G. P. (2021). 3D Virtual prototyping dalam Perbaikan Desain Fasilitas Tempat Kerja: Studi Kasus CV. XYZ. Jurnal IPTEK, 25(1), 69–76. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2021.v25i1.1164

Nadhiroh, A. Y., Hasanah, I., Muhlisah, A., & Muzzayanah, D. (2022). Pemberdayaan Keterampilan Desain Grafis Bagi Mahasantri untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Peluang Usaha Baru Berbasis E-marketing. Jurnal ADIPATI: Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 1(2), 1–6. http://ejournal.itats.ac.id/adipati/article/view/3105

Prastyabudi, W. A., Kristanto, T., & Amifia, L. K. (2019). Rencana Strategis Pengabdian Masyarakat ITTelkom Surabaya Tahun 2019-2023 (Vol. 1, Issue 1). Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Telkom Surabaya.

Putri, S. W., & Putri, T. A. (2022). Implementasi Green Marketing pada UMKM Lokal. Aptekmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 137–143.

Putri, S. W., Wali, A., Bahari, S., Akhsani, R., Prayoga, S., Ghifrina, J., Angela, V., & Digital, B. (2022). Implementasi Green Marketing dan Digital Marketing pada UMKM Binaan Telkom Community Development Center Surabaya. Aptekmas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(4), 60–68.

Rahmawati, N., Marie, I. A., & Suhardini, D. (2022). Pelatihan Lean and Green pada Bisnis / Usaha di Rest Area Km 72A Tol Cipularang. Jurnal ADIPATI: Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 01(02), 1–7.

Sancoko, A. H. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Makanan Dan Minuman Pada Depot Time To Eat Surabaya. Agora, 3(1), 185.

Yolanda Widita, G., Debby, S., & Adriana, A. (2016). Analisa Pengaruh Faktor Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Mood Terhadap Pemberian Tip di Duck King Restoran Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospotality Dan Manajemen Jasa, 4(1), 138–157.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.