Penerapan TTG Kolam Ikan Nila dengan Pengontrol Suhu dan PH Air Secara Otomatis di Kolam Terpal di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

Kukuh Setyadjit, Setijanen Djoko Harijanto, Ahmad Ridho'i, Balok Hariadi, Istantyo Yuwono

Abstract

Karena meningkatnya permintaan konsumsi ikan nila, masyarakat Indonesia sangat membutuhkan perusahaan peternakan. Saat membudidayakan nila, perhatian harus diberikan pada kualitas air (pH, suhu, kekeruhan air, salinitas dan oksigen terlarut (DO)) dan pemberian pakan buatan secara statis. Ini menciptakan kolam ikan yang mengontrol kualitas air berdasarkan pH, suhu, dan kekeruhan air, dan secara otomatis memberi makan berdasarkan waktu. Penelitian ini menggunakan sensor pH untuk mendeteksi nilai pH, sensor suhu untuk mengukur nilai suhu, sensor kekeruhan untuk mengukur nilai NTU (NepHelometric Turbidity Unit), sensor ultrasonik untuk mengukur ketinggian air pada kolam ikan, dan motor servo sebagai penggerak makan otomatis. Memperhatikan hasil kerja seluruh alat dalam mendapatkan hasil kontrol pada kolam ikan yang bekerja secara berurutan, pembacaan sensor pH memberikan pembacaan nilai benar 97,5%, sensor kekeruhan memberikan pembacaan nilai sebenarnya 83,39%, nilai sebenarnya yang diberikan ultrasound adalah 99,46 %. Berdasarkan data yang diterima, alat dapat berfungsi dengan baik, sesuai dengan desain yang dibuat. Menurut hasil penelitian ini pengabdian kepada masyarakat dapat diterapkan, khususnya petani ikan nila tanpa perkebunan besar dapat menggunakan ember terpal yang relatif kecil untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Full Text:

PDF

References

Admin Puslatluh KP. 2020. “KKP Gencarkan Pelatihan Dukung Pengembangan Sektor Budidaya Ikan,” kkp.go.id. https://kkp.go.id/puslatluh/artikel/24668-kkp-gencarkan-pelatihan-dukung-pengembangan-sektor-budidaya-ikan. Diakses pada tanggal 21 April 2021.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). "Refleksi 2018 & Outlook 2019". Jakarta. [Online] https://kkp.go.id/an-component/media/uploadgambarpendukung/kkp/DATA%20KKP/Bahan%20RO%20KKP%202018%20( final).pdf.

H. Khairuman and A. Khairul. 2013. Budi Daya Ikan Nila. Jakarta: PT. ArgoMedia Pustaka.

Samsu. 2020. Peningkatan Produksi Ikan Nila Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah Nonproduktif dan Penentuan Jenis Media Budidaya yang sesuai. Deepublish.

R. Oktafiadi. 2016. “Sistem Pemantau Kekeruhan Air dan Pemberi Makan Otomatis pada Ikan Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Ilmu Teknik Elektro, Komputer, dan Informasi, Vol. 2, No. 1, Hal. 7, 2016, doi: 10.26555/jiteki.v2i1.3377.

M. N. Amelia. 2019. “Sistem Monitoring Budidaya Ikan Lele Teknik Bioflok Berdasarkan Suhu dan PH Air.” Universitas Negeri Semarang. Skripsi.

M. Fajar Wicaksono, Aplikasi Arduino dan Sensor Disertai 32 Proyek Sensor dan 5 Proyek Robot. Bandung: Informatika Bandung, 2019.

M. Ghufran H. dan Kordi K., 2010, Budi Daya Ikan Nila di Kolam Terpal, Yogyakarta: Andi

Setyadjit, K., Hariadi, B., dan Ridho’I, A. 2018. “Mikrokontroller ATMEGA 8 Sebagai Pengontrol Kolam Lele Intensif.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas 45 Surabaya, Vol. 1, No.1, 2018.

Aidah, S. N. 2020. Mudahnya Budidaya Ikan Nila. Bojonegoro : Karya Bakti Makmur.

Setyadjit, K. dan Ridho’I, A. 2021. “Penerapan Teknologi Tepat Guna Pada Kolam Terpal Ikan Nila Intensif dengan Pengontrol Suhu dan PH Air di Kelurahan Bulak Banteng Kecamatan Kenjeran Surabaya”, Society Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 2, No. 1, Hal 82-88, Oktober 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.