PENGARUH TREAD PATTREN PADA BAN HARD COMPOUND TERHADAP KOEFISIEN ROLLING RESISTACE

Thatit Widya A.P, Muh Nurkoyim Kustanto, Hari Arbiantara B, Franciscus Xaverius K, Robertoes Koekoeh K.W

Abstract


Abstrak

Rolling resistance adalah tahanan dari sebuah roda yang akan berguling atau berputar karena dari adanya gaya gesekan antara permukaan terluar roda dengan permukaan lintasan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh  tread pattern ban terhadap koefisien rolling resistance. Ban yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah ban hard compound dengan perbandingan tread pattern standar dan tread pattern dibesarkan 2mm dengan kekerasan ban 79,5 Ha, menggunakan tekanan 30 Psi, 40 Psi dan 50 Psi. Dari hasil penelitian  didapatkan nalai koefisien rolling resistance terkecil didapat oleh ban hard compound dengan tread pattren 2mm dengan tekanan ban 50 Psi senilai 1,39%, dengan gaya rolling resistance  sebesar 8,05 N. dan  untuk nilai koefisien rolling resistance terbesar didapat oleh hard compound dengan tread pattern standar dengan tekanan ban 30 Psi senilai 2,04%, dengan gaya rolling resistance sebesar 11,82 N.

Kata Kunci :jenis compound , tread pattern, rolling resistance

Full Text:

PDF

References


H. Naser, B. Safari dan K. Atmojo, “Peran Serikat Pekerja Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Industri Otomotif,” Jurnal Ilmu Menejemen Dan Akutansi, pp. 33-40, 2020.

H. Y. Laka dan C. Sasmito, “Manajemen Strategi Kebijakan Publik Sektor Pariwisata di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur pada Era Industri 4.0,” Ilmu Manajemen dan Akuntansi, vol. 1, pp. 28-36, 2019.

A. Efendi, “Rancang Bangun Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, pp. 75-84, 2020.

M. J. Nyaga, “Developing And Building A Prototype Rear Wheel Drive Electric Car,” 2009.

C. O. Quandt dan S. Innovation, “Manufacturing the electric vehicle : a window of technologica opportunity for Southern California,” 2014.

M. Juhala, “Improving Vehicle Rolling Resistance and Aerodynamics,” Aalto University, 2014.

M. Juhlin, “Assessment of crosswind performance of buses,” Royal Institute of Technology, 2009.

D. L dan M. Juhlin, “Aerodynamic loads on buses due to crosswind gusts – extended analysis,” Vehicle System Dynamics, vol. 48, pp. 287-297, 2010.

M. R, B. F dan R. J. (eds), “The Aerodynamics of Heavy Vehicles: Trucks, Buses, and Trains,” Lecture Notes in Applied and Computational Mechanics, vol. 19, 2004.

H. Taghavifar, “Investigating The Effect of Velocity, Inflation Pressure, And Vertical Load On Rolling Resistance Of A Radial Ply Tire,” Journal of Terramechanics, vol. 50, pp. 99-106, 2013.

M. Ihsan.P, “Analisis Rolling Resistance Pada Singgel Row Deep Groove Ball,” Universitas Jember, 2019.

M. Muttaqin, “Pengaruh Tekanan Udara (Inflation Pressure) pada Ban Tipe Radial Ply terhadap Rolling Resistance,” Jurnal Rotor, vol. 8, 2015.

W. Wei, “Numerical and experimental studies of a radial truck tire with tread,” Transactions of the Society for Modeling and Simulation International 2015, vol. 91, pp. 970-979, 2015.

P. S, Y. W dan C. J, “Pressure-sensing pad test and computer simulation for the pressure distribution on the contact patch of a tyre,” dalam Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, 2007.

E. Sakai, “Measurement and visualization of the contact pressure distribution of rubber disks and tires,” Tire Science Technology, Vol. 1 238-255, 1995.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jmesi.2022.v2i2.3058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.