Pelatihan Analisis Biaya Berbasis Teknologi bagi Tenant Rest Area KM 72 A

Fani Puspitasari, Ratna Mira Yojana, Iveline Anne Marie, Sofia Debi Puspa

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk terhadap sebagian besar UMKM di Indonesia, namun tidak bagi tenant rest area 72A. Adanya peraturan tambahan untuk pengguna fasilitas umum, mengakibatkan peningkatan jumlah kendaraan pribadi untuk transportrasi antar kota. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh pengelola rest area KM 72A untuk membangun UMKM dan memberdayakan masyarakat sekitar rest area. Namun karena keterbatasan sumber daya dan pengetahuan, beberapa UMKM tidak dapat berkembang dengan baik. Salah satunya adalah karena minimnya pengetahuan mengenai nilai penting melakukan analisis biaya. Sebagian besar UMKM di Rest area KM 72A yang kemudian disebut dengan tenant Rest area 72A, belum melakukan kegiatan analisis biaya dengan baik sehingga tidak dapat menentukan strategi pengembangan usahanya. Oleh karena itu, pengelola rest area Bersama dengan Universitas Trisakti merancang sebuah kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada tenant rest area mengenai nilai penting analisis biaya berbasis teknologi dan pemanfaatannya untuk menentukan strategi usaha. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun tenant rest area menjadi lebih sustainable dalam bisnisnya.

Full Text:

PDF

References

Anityasari, M., & Wessiani, N. A. (2011). Analisa Kelayakan Usaha. Surabaya: Guna Widya.

Arief, Z., & Herlina. (2022). Upaya Peningkatan Volume PenjualanUKM Kampung Lumpia Ngaglik Gang Kuburan Surabaya di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ADIPATI: Pengabdian kepada Masyarakat dan Aplikasi Teknologi, 9-14.

Blocher, E. J., Chen, K. H., Cokin, G., & Lin, T. W. (2005). Cost Management. New York: Mc Graw Hill.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Singh, J. (2015). Continuous improvement philosophy – literature review and directions. Benchmarking: An International Journal, 22(1), 75-119.

Tantra, P. F. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Membantu UMKM Kopi Rempah Desa Tista (Redesta) di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK, 6(1), 79-86.

Agustina, Y., Ningsih, S., & Mulyat, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK pada UMKM. INTERVENSI KOMUNITAS-Jurnal Pengapdian Masyarakat, 135-145.

Kementerian Investasi BKPM. (2021, Oktober 24). Publikasi:Upaya Pemerintah untuk Memajukan UMKM Indonesia. Retrieved from BKPM web site: https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2021, Oktober 24). Peraturan Menteri nomor 10/PRT/M/2018. Retrieved from Jenis Produk Hukum: https://jdih.pu.go.id/detail-dokumen/2296/1

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 78-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.