Peran Merek dan Packing dalam Penjualan Keripik Pisang Kekinian di Surabaya

Dina Novita, Fauzie Senoaji

Abstract

Pelaku usaha mikro kecil menengah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah sampai dengan akademisi untuk memberikan jalan keluar bagi pengusaha atas keterbatasan pengetahuan. Penurunan penjualan menjadi penyebab utama dalam produknya, yang menyebabkan pelaku usaha kurang bergairah mengembangkan usaha. Tujuan kegiatan yang dilakukan oleh peneliti, untuk membantu pengusaha dalam mengembangkan usaha melalui pengemasan produknya. Dengan pemeberian identitas yang mudah dibaca oleh pihak luar akan memudahkan untuk mengetahui produknya. Beberapa hal yang dilakukan adalah dengan pengemasan, pemberian nama produk, dan promosi penjualan melalui media online.Beberapa tahapan yang telah dilakukan memberikan dampak yang signifikan terhadap penjualan produknya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penjualan, yang semula hanya dapat menjual 40 bungkus tiap harinya dalam bentuk plastik biasa sedangkan sekarang dapat menjual dalam 150 bungkus dalam bentuk mika tiap harinya untuk dikirim kedalam maupun luar kota. Pemberian identitas yang menarik, seperti: pengemasan produk, memberian label untuk memberikan citra merk, dan promosi penjualan melalui media sosial menjadi konsumen tertarik untuk membeli produk keripik pisang.

Full Text:

PDF

References

Irvandy, Tamaka. (2013). Citra Merek, Ekuitas Merek, dan Kualitas Produk Pengaruhnya terhadap Sikap Konsumen pada Produk Daihatsu di PT. Astra Internasional Daihatsu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 1, No. 3, hal. 1317–1328.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Muhammad Rifai Kurnia. (2016). Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Peralatan Olahraga Tenis Meja Oke Sport di Kecamatan Wonosari. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), Vol. 24, No. 1, hal. 33–42.

Rahmat, D., Yang, T., & Esa, M. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008.

Samad, A., & Wibowo, I. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, Vol. 4, No. 3, hal. 1–9.

Supriyadi, Fristin, Y., & Indra, G. (2020). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3, No. 1, hal. 1–10.

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), Vol. 8, No. 2, hal. 67–76.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.