Pusat Pelatihan E-Sport Mobile dan Personal Computer Bertema Arsitektur Futuristik di Surabaya

Reno Rizky Mahesa, Suci Ramadhani, Sigit Hadi Laksono

Sari


E-Sport yang kini menjadi fenomena global, bermula dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas. E-Sport sendiri adalah kependekan dari electronic sport, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional. Beberapa waktu lalu, E-Sport tidak dikenal di Surabaya maupun Indonesia. Namun sekarang seiring waktu fenomena E-Sport terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan. E-Sport bukan sekedar bermain game untuk mengisi waktu, seperti yang dipersepsikan selama ini. E-Sport sama halnya dengan olahraga mental dan pikiran lainnya, seperti catur yang sudah termasuk dalam kategori olahraga dan diperlombakan pada olimpiade. Untuk bisa menjadi lebih lihai dalam bermain game dalam industri E-Sport, seorang pemain harus sering melakukan latihan dan meningkatkan kemampuannya. Namun latihan dalam video game bukan berarti sekedar bermain sebanyak, sesering, dan selama mungkin. Karena itu, Proyek ini akan merancang pusat pelatihan E-Sport. Karena diperlukan sebagai wadah bagi para gamer E-Sport, mengingat perkembangan E-Sport saat ini cukup pesat dan menjanjikan di Indonesia. Untuk menentukan suatu tempat bisa jadi pelatihan itu bukan hanya didasari computer yang dipakai kencang. Melainkan ada hal lain yang menunjang para gamer seperti ruang yang begitu nyaman untuk aktifitas bermain game dan memiliki berbagai fasilitas untuk latihan fisik para gamer.

Kata Kunci


e-sport; game; olahraga; pelatihan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Haryadi, Syalam, dkk. (2015). Pekanbaru Convention Center dengan Penekanan Bangunan Futuristik. JOM FTEKNIK, 2 (1)

Laksono, S. H. (2018). Site Design of Public Space under the Jenggolo Sidoarjo Flyover, East Java is reviewed from the Location Characteristics. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5 (12), 268257

Nugroho, Nancy Yusnita, Maurina, Anastasia, Wicaksono, R. Satrio, dan Gani, Vincentius. (2015). Korelasi Bentuk Dinamis dengan Ruang – Struktur – Enclosure pada Bangunan Ciwalk Extention Bandung. RESEARCH REPORT - ENGINEERING SCIENCE, 2.

Pangerang, Syafrian. (2016). Perencanaan Studio Desain Komunikasi Visual dengan Pendekatan Gaya Arsitektur Futuristik di Kendari, Universitas Halu Oleo

Putra, Raden Muhammad Satria. (2014). Perkembangan Esport di Mata Internasional dan Pengakuan Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat di Indonesia, Universitas Katolik Parahyangan. [Diakses dari http://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/5575, 2 Oktober 2019].

Riyadi, Gian Wahyu, Mauliani, Lily, dan Sari, Yeptadian. (2019). Penerapan Arsitektur Modern pada Bangunan Singapore Polytechnic di Tangerang. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3 (2).

Rofiq, Adrian, Arief, Abdurrachman, dan Siswanto, Ari. (2019). Perancangan Pusat Komunitas E-Sports di Kota Baru, Lampung. Universitas Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2020.v1i2.1086

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.