Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Cuci Sepatu SANS.INC Dengan Metode Costumer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)
Abstract
Kepuasaan dan kepercayaan pelanggan memang menjadi masalah yang paling 
dominan disetiap unit usaha dibidang jasa, tetapi proses untuk memenuhi 
kepuasaan pelanggan tersebut tidaklah mudah. Karena, banyak faktor-faktor yang 
dapat berpengaruh dari tercapainya tingkat kepuasaan yang dirasakan oleh 
pelanggan. Tujuan penelitian untuk memberikan masukan agar kualitas pelayanan 
lebih meningkat sebagai input atau bahan masukan untuk perbaikan kualitas 
pelayanannya guna memenuhi kepuasan pelanggan, sehingga dapat menentukan 
atribut-atribut yang dapat diambil dalam mengukur kebijakan dimasa yang akan 
datang. Dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk 
mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan metode Importance Performance 
Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan pada setiap atribut 
pelayanan serta prioritas perbaikan yang harus dilakukan oleh SANS.INC. 
Berdasarkan hasil penelitian diketahui konsumen berjenis kelamin laki-laki, 
konsumen berusia 26 hingga 30 tahun, konsumen dengan tingkat pendidikan 
terakhir Sarjana (S1, S2, S3) merupakan konsumen yang dominan. Tingkat 
kepuasan konsumen terhadap SANS.INC berdasarkan CSI sebesar 66,4%. 
Berdasarkan metode IPA terdapat 4 (empat) atribut pada kuadran A yang menjadi 
atribut perbaikan yaitu, alat-alat cuci sepatu yang memadai dan cukup lengkap, 
kesigapan karyawan dalam melayani konsumen, kecepatan proses pelayanan cuci 
sepatu, karyawan selalu memperhatikan dengan baik setiap keluhan para 
konsumen.
Kata kunci: Kepuasan Pelanggam, Customer Satisfaction Index, Importance 
Performance Analysis
Full Text:
PDFReferences
R. Lupioyadi, Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2013.
P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), 13th ed. Jakarta: PREHALLINDO, 2013.
F. Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.
S. Azwar, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Singarimbun, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 2008.
et.al. Hair, Joseph F., “Multivariate Data Analysis,” Fifth Edit., New Jersey: PrenticeHall, Inc., 2011.
A. Suhendra and D. W. I. Prasetyanto, “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2016.
L. R. Aritonang, Kepuasan Pelanggan. Pengukuran dan Penganalisian Dengan SPSS. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015.
J. O. Ong and J. Pambudi, “IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI SBU LABORATORY CIBITUNG PT SUCOFINDO ( PERSERO ),” vol. IX, no. 1, pp. 1–10, 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
12.png)



_(1)_(1)1.png)
1.png)
_(1)1.png)

