Desain Pengembangan Produk Robot Terbang Tanpa Awak dengan Metode QFD (Quality Function Deployment)

Faisal Ashari, Fuad Achmadi

Abstract

Pesawat terbang merupakan suatu kemajuan teknologi dunia yang saat ini perkembangannya semakin pesat, sejak ditemukannya teknologi dalam bidang penerbangan kemajuan teknologi pesawat dunia semakin pesat pula hal ini disebabkan dengan adanya pesawat terbang sehingga koneksi hubungan antara daerah dengan daerah lain di dunia semakin mudah. Perkembangan teknologi robot terbang di Indonesia, terbilang sangat pesat karena dorongan dan dukungan permerintah. Sebagai barometernya adalah suksesnya penyelenggaraan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan setiap tahunnya. Dalam kontes tersebut tidak kurang 40 perguruan tinggi besar di Indonesia turut ambil bagian. Namun perkembangan robot tersebut baru sebatas pada kontes dan belum dikembangkan untuk mengatasi masalah-masalah yang lebih riil terutama dalam dunia industri. Permasalahan yang terjadi selama ini dalam penentuan konsep desain pesawat tanpa awak untuk memenuhi kriteria dari panitia kontes robot terbang Indonesia. Dalam hal ini akan dicoba untuk menentukan konsep desain pesawat tanpa awak menggunakan metode QFD ( Quality Function Deployment).

Full Text:

PDF

References

Goetsch, David. & Davis, Stanley. (2013). Quality Management for Organizational th Excellence (7 Ed). New Jersey : Pearson Education, Inc.

Triono, Rachmadi Agus. (2012). Pengambilan Keputusan Manajerial : Teori dan Praktik Untuk Manajer dan Akademisi. Jakarta : Salemba Empat.

Ulrich, Karl T. & Eppinger, Steven D. (2000). Product Design & Development (2 Ed). Singapore : McGraw-Hill, Inc.

Jurnal Penelitian : Bergquist, K. & Abeysekera, J. (1996), “Quality Function Deployment – A Means for Developing Usable Products”, International Journal of Industrial Ergonomics, Vol. 14, pp. 327-39

Flanagan, John C. (1954), “The Critical Incidents Technique”, The Psychological Bulletin, Vol. 51, pp. 327-58

Pun, K. F., Chin, K.S., & Lau, Henry. (2000), “A QFD / Hoshin Approach for Service Quality Deployment : A Case Study”, Managing Service Quality: International Journal, Vol. 10, pp. 156-70.

Akao. Y, 1998, Quality Function Deployment: Integrating Customer Requirement into Product Design, Productivity Press, Portlend Oregon..

Azwar. Saifudin, 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.