KUALITAS BITUMEN ASBUTON PT. WIJAYA KARYA BITUMEN KABUPATEN BUTON, SULAWESI TENGGARA

Mardiana Musa, Yulfiah Yulfiah

Abstract


PT. Wijaya Karya Bitumen berada di Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Aspal merupakan bahan hidrokarbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal alam merupakan aspal yang terdapat di alam, terbentuk dalam batuan pembawa minyak bumi. Penelitian ini ditujukan untuk menentukan kualitas bitumen pada Aspal Buton dengan menggunakan metode Sohklet. Metode Sohklet digunakan untuk mengekstraksi suatu senyawa dari material padat. Prinsip kerja dari peralatan Sohklet adalah penyaringan secara berulang-ulang. Sampel Aspal Buton diperoleh dari hasil pengeboran di blok C pertambangan Kabungka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kadar air rata-rata berkisar antara 1,00% - 5,80% dan kadar bitumen rata-rata berkisar antara 23,00% – 27,06%. Kondisi ini menandakan bahwa kadar air rendah dan kadar bitumen tinggi, atau dapat disimpulkan bahwa bitumen pada Aspal Buton berkualitas baik.



Keywords


Aspal Buton, kadar air, kadar bitumen, Sohklet

Full Text:

PDF

References


Abdul Rosyid, 1998. Pertambangan Aspal Alam Pulau Buton, PPTM, Bandung.

Didin, 2008. Pelarut untuk Ekstraksi Aspal Buton, Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Muh. Syuyono Dharmo Diharjo, Sri Widodo, Agus Ardianto Budiman, 2017. Analisis Perbandingan Kadar Bitumen dan Kadar Air di Tambang A dan F pada PT. Wika Bitumen Buton Sulawesi Tenggara, Makassar: Universitas Muslim Indonesia Dan Universitas Hasanudin Makassar.

Muhamad Rizal, 2016. Ekstraksi dan Karakterisasi Aspal Buton sebagai Aditif Formulasi Aspal Lokal. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah Jakarta.

Nur Asmini, Muhammad Alham, Firmanullah Yusuf, 2016. Penentuan Kualitas Aspal Buton dengan Menggunakan Metode Sokhlet Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sikumbang, N., Sanyoto P., Supandjono R.J.B., dan Gafoer S., 1995. Peta Geologi Lembar Buton, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung, Skala 1 : 250.000.

Standar Nasional Indonesia, 1994, Metode Pengujian Kadar Beraspal dengan Cara Ekstraksi Menggunakan Alat Sohklet (SNI 03-3640-1994), Jakarta: Badan Standarisasi Nasional (BSN)

Tamrin, 2016. Analisis Kadar Air dan Kadar Bitumen Aspal Buton (Asbuton) dengan Metode Sohklet. Undergraduate (S1) Thesis, Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Tobing, S.M., 2003. Prospek Bitumen Padat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, Sub Dit Batubara, DIM, Bandung




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.1954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan